Indonesia Siap Jadi Produsen Baterai Mobil Listrik Kelas Dunia

Kamis, 14 Januari 2021 - 01:00 WIB
Pemerintah Indonesia sudah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan LG Energy Solution untuk membangun pabrik baterai senilai US$ 9,8 miliar atau sekitar Rp 142 triliun, Jumat (18/12/2020) lalu. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia sempat mengatakan pada Januari 2021 ini, akan dilakukan penandatanganan Heads of Agreement (HoA) oleh konsorsium BUMN, menyusul MoU ini.



Agus mengatakan, konsorsium BUMN yang tergabung dalam Holding Indonesia Battery yang dipimpin MIND ID beserta PT Aneka Tambang Tbk, PT Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero) ini diharapkan akan bekerja sama dengan LG. "Kami berempat sudah sangat siap. Persetujuan dari Pak Erick sudah keluar, tinggal nanti melihat mitra kita maunya seperti apa. Para pemegang saham sudah mengerti apa yang harus dilakukan dari sisi legal document-nya," tutur Agus yang juga merupakan Komisaris Utama PT Inalum (Persero) atau MIND ID.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan pihaknya akan melakukan diskusi dengan Tesla pada Februari 2021 untuk mengembangkan kerja sama pembangunan industri mobil listrik di Tanah Air. Menurutnya, diskusi ini sebagai salah satu langkah RI menjadi pemain utama industri mobil listrik. “Insya Allah, di bulan Februari ini, saya akan membuka pembicaraan dengan Tesla untuk mengembangkan kerja sama ini," jelas Erick dalam keterangan tertulisnya.
(nng)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More