Mengubah Penghalang Jadi Peluang

Jum'at, 29 Januari 2021 - 06:27 WIB
Pandemi Covid-19 berdampak pada kehidupan masyarakat. Namun, bagi mereka yang kreatif, pendemi bisa juga mendatangkan peluang. FOTO/KORAN SINDO
JAKARTA - Pandemi Covid-19 memberikan dampak luas ke semua sektor, terutama dalam bidang ekonomi . Tidak sedikit perusahaan harus mengurangi jumlah karyawan, bahkan gulung tikar akibat situasi ini. Agar bisa melalui hal ini diperlukan mental yang tangguh untuk tetap bertahan. Meski diterjang keterpurukan, Varian Arsyagam Isbandi, 28, atau yang akrab disapa Rian mencoba tetap bertahan dan bisa kembali bangkit.

Awalnya, Rian mengalami masa terpuruk selama kurang lebih tujuh bulan lantaran pandemi. Dia yang hanya seorang sopir rental terpaksa berhenti karena sepi penumpang, padahal dia memiliki anak dan istri yang harus dihidupi. Tidak menyerah dalam kondisi yang sulit, Rian mencoba bangkit dengan budi daya cacing tanah dari saudaranya yang tinggal di Ponorogo, Jawa Timur. Dia pun mantap memilih berternak cacing tanah lantaran kesulitan mencari kerja di perusahaan.

Rian pertama kali memulai bisnisnya pada Juli 2020 dengan modal Rp35 juta. Uang tersebut dia peroleh dari tabungan serta beberapa pinjaman.

"Saat itu saya hanya berpikir bagaimana bangkit di saat pandemi. Saya mencoba belajar dari saudara untuk membuka peluang budi daya cacing tanah ini," katanya.

(Baca juga: Akademisi Unpad Ini Optimistis UU Ciptaker akan Bangkitkan Entrepreneurship Muda )



Dengan modal seadanya dia membuat kolam cacing tanah di belakang rumah, menyimpan oven pengering cacing serta membeli dua kuintal bibit. Beternak cacing terbilang sangat mudah, hanya perlu menyirami air serta memberi ampas tahu untuk makanannya. Cacing tanah mudah kawin, bertelur sendiri, serta tidak mudah sakit. Cacing tanah ini sangat mudah dipanen setiap dua pekan sekali, dalam sekali panen Rian mengaku bisa mendapat 36 kilogram (kg) cacing basah.

"Untuk dijual di pasaran cacingnya harus kering. Kalau panen 36 kg cacing basah maka bila dikeringkan menjadi enam kilogram," ujarnya.

(Baca juga: Sempat Dihantam Pandemi Industri Alas Kaki Mulai Bangkit )

Di pasaran, harga cacing tanah jenis Lumbricus bisa dijual dengan harga Rp500.000 per kilogram. Artinya, jika dalam satu bulan Rian panen 72 kg cacing basah atau 12 kg kering, maka dia bisa meraup omzet hingga Rp6 juta. Dari usahanya ini Rian banyak memasok perusahaan jamu karena cacing dianggap sebagai obat.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More