Menko Airlangga Melihat Sinyal Positif Ekonomi RI Tumbuh di 2021

Jum'at, 05 Februari 2021 - 16:33 WIB
"Sektor logam dasar tumbuh, terutama kebijakan hilirisasi daripada program dan peningkatan ferronikel. Masyarakat yang terbiasa dengan pemanfaatan teknologi digital membuat sektor teknologi dan informasi tumbuh positif sepanjang 2020," tambahnya.




Secara spasial beberapa negara mengalami perbaikan, sehingga ekspor dari pulau seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua pun membaik. Perbaikan ekspor ini juga seiring perbaikan harga komoditas global.

Airlangga mencatat juga bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Rupiah sudah menguat seperti sebelum pandemi Covid-19 di bulan Januari lalu. Leading indicatornya, seperti Purchasing Managers' Index (PMI) sudah naik di 52,2 sebagai salah satu posisi tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Indeks keyakinan konsumen sudah menginjak angka 96% di Desember.

"Neraca perdagangan juga surplus di USD 21,74 miliar. Momentum ini akan berlanjut di 2021 sehingga pertumbuhan ekonomi akan di 4,5-5,5% didukung oleh peningkatan konsumsi RT, investasi, pengeluaran pemerintah, dan ekspor," pungkas Airlangga.
(akr)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More