Astra Beri Penghargaan 11 Anak Muda yang Ciptakan Perubahan pada Sekitar

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 11:12 WIB
Foto: Doc. Astra

Setiap penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 akan mendapat dana bantuan kegiatan sebesar Rp60 juta dan pembinaan kegiatan yang dapat dikolaborasikan dengan kontribusi sosial berkelanjutan Astra, yakni Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera Astra. Hingga saat ini, Astra telah membina 133 Kampung Berseri Astra dan 930 Desa Sejahtera Astra yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Inisiator CSA

Satu penerima apresiasi 12th SATU Indonesia Awards 2021 adalah Vania Febriyantie. Ia mendapat apresiasi kategori khusus Pejuang Tanpa Pamrih di Masa Pandemi Covid-19 dengan gagasan ‘Petani Kota dengan Advance Payment’.

Vania menginisiasi sistem Community Supported Agriculture (CSA), di mana CSA adalah sebuah komunitas/pelanggan yang membayar biaya langganan di awal musim tanam untuk nanti biaya tersebut dipakai para petani melakukan aktivitas bertani bercocok tanam hingga akhirnya panen dan hasil panennya akan diberikan kepada pelanggan tersebut.

“Sistem CSA adalah sistem yang berkeadilan, di mana petani bisa mendapatkan kepastian pendapatan karena sudah ada pelanggan di awal. Jadi mereka tahu menanam untuk siapa dan didistribusikan untuk siapa,” ujarnya.

Harapannya, lanjutnya, sistem CSA ini bisa berjalan dengan baik, meski ada tantangan karena banyak orang belum mengenal sistem CSA ini, tapi ia yakin sistem CSA ini akan diaplikasikan oleh Indonesia sendiri untuk ketahanan pangan dan juga berkeadilan untuk para petani.

“Jadi petani bisa mendapatkan kepastian pendapatan dan distribusinya merata karena sudah ada dan sudah pasti siapa yang menerima,” ucapnya.

Inisiasi ini muncul berdasar pengalaman di sekitarnya bahwa ada pandangan menjadi petani kurang menjamin masa depan. Padahal petani lah yang menjadi sumber pangan untuk masyarakat. Dengan kenyataan ini ia tertantang untuk menjadikan profesi petani menjadi idaman para pemuda. Sehingga tercetuslah ide untuk membuat sistem CSA tersebut.
(atk)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More