Seberapa Bahaya Omicron Belum Jelas Bikin Wall Street Berakhir Memerah

Rabu, 01 Desember 2021 - 08:44 WIB
Komentar Powell juga memicu spekulasi di antara beberapa investor tentang potensi percepatan kenaikan suku bunga.

Kepala strategi investasi di Janney Montgomery Scott di Philadelphia, Mark Luschini mengatakan, kontributor utama penurunan harga saham hari ini adalah komentar Powell, mengenai pertemuan Fed mendatang.

Yak tentang percepatan pengurangan program pembelian obligasi mereka, yang jelas mengarah pada prospek kenaikan suku bunga datang lebih cepat tahun depan. "Pergeseran nada yang agak hawkish itu membuat pasar datar," kata Luschini.

Sementara itu, pasar juga dibiarkan menunggu informasi tentang betapa berbahayanya varian Omicron, sejauh mana vaksinasi saat ini dapat menawarkan perlindungan dan pembatasan tambahan yang mungkin harus diterapkan pemerintah yang dapat merugikan ekonomi, kata Luschini.

Penurunan indeks pada Selasa adalah pembalikan tajam setelah reli Senin di mana saham mendapatkan kembali beberapa kekuatan yang telah hilang pada hari Jumat ketika pasar menjual dengan cepat di tengah berita varian virus.

"Pasar jelas berada di perairan berbahaya saat ini. Anda telah mengalami dua kemunduran signifikan dari tiga hari perdagangan terakhir. Ini tentu saja mengguncang sebagian dari kepuasan jangka panjang di pasar," kata James dari Wedbush.

Sementara Food and Drug Administration mengatakan mereka berharap memiliki informasi tentang efektivitas vaksin COVID-19 saat ini terhadap Omicron, perusahaan vaksin terpecah.

Kepala eksekutif BioNTech mengatakan, vaksin yang dipasok perusahaannya dalam kemitraan dengan Pfizer kemungkinan akan menawarkan perlindungan yang kuat dari penyakit parah dalam berbagai kasus.

Tetapi CEO Moderna Inc mengungkapkan, kepada Financial Times bahwa vaksin COVID-19 selama ini kemungkina tidak seefektif terhadap varian baru seperti sebelumnya.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More