Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso: Atur Ulang Tata Niaga Pangan

Kamis, 13 Januari 2022 - 00:22 WIB
Kami melakukan langkah-langkah untuk menghadapi peningkatan harga minyak goreng dan telur. Kami koordinasi dengan kementerian terkait, seperti dengan Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Pertanian (Kementan). Mudah-mudahan gejolak kenaikan sembako di beberapa wilayah bisa segera tertangani.

Untuk beras aman ya Pak?

Kita berpedoman pada data yang dibuat oleh BPS. Sampai akhir tahun ini, stok beras mencukupi. Sekarang cuaca tidak menentu tentunya berdampak pada produksi dalam negeri, khususnya beras.

Namun demikian kita terus memantau. Prediksi kita Januari belum ada panen, tapi stok yang ada di Bulog masih memadai. Jadi tidak usah khawatir. Berdasarkan data BPS, maka untuk tahun depan, prediksi kami panen akan mundur. Panen yang tadinya kita prediksi di Februari, pasti mundur ke Maret-April.

(Baca juga:Komitmen BULOG dan BKKBN Turunkan Persentase Stunting di Jawa Tengah)

Data BPS, di kuartal I/2022 produksi beras dalam negeri 11,61 juta ton. Artinya kalau kebutuhan beras nasional tiap bulan 2,6 juta ton. Berarti kalau dikalikan 3 bulan masih surplus. Tapi seandainya cuaca tidak menentu, Bulog masih punya stok yang memadai. Pemerintah melalui Bulog sudah menyiapkan untuk antisipasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

Dari dua tahun ke belakang 2020-2021 dengan kondisi pandemi Covid-19 yang sedang tinggi-tingginya kita tidak kekurangan stok beras. Termasuk kita bisa menyalurkan program-program pemerintah. Stok beras yang kita kuasai masih 1 juta ton. Berarti cukup memadai sampai akhir tahun ini.

Bulog tidak hanya berpikir pada stok beras untuk kepentingan KPSA maupun untuk bencana, tapi kita juga melakukan upaya-upaya memperbaiki kualitas beras. Ini dikelola di bidang komersial/bisnis.

(Baca juga:Bulog Peduli Gizi Gelontorkan Bantuan Beras Bervitamin kepada Dua Ribu Balita)

Apa peran Bulog dalam rangka menekan angka stunting di Indonesia?
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More