Simak, Bestie! Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Rp4 Juta

Selasa, 22 Februari 2022 - 18:45 WIB
Rumus untuk menganggarkan kebutuhan pokok adalah 40% dari gaji, bila pendapatan setiap bulannya itu memang pas-pasan. Bila gaji Rp4 juta per bulan, maka kebutuhan sehari-hari yang harus dianggarkan adalah Rp1,6 juta. Anggaran sehari-hari tersebut sudah mencakup untuk memenuhi kebutuhan makan-minum, transportasi, dan lainnya.

Lihat juga: Daftar 10 Profesi di Indonesia dengan Gaji Terbesar

3. Sisihkan untuk tabungan

Setelah mengetahui daftar pengeluaran, kita menjadi tahu nominal dana yang bisa kita alokasikan untuk menabung. Besar nominal uang yang ditabung bisa disesuaikan dengan banyaknya kebutuhan. Namun, idealnya adalah 20% dari total gaji atau sebesar Rp800.000.

Biasakanlah menabung sesaat setelah gajian. Segera pisahkan dana tersebut, lalu masukkan ke tabungan sebelum terpakai untuk kebutuhan lain.

4. Siapkan untuk kebutuhan diri

Anggarkan biaya sosialisasi sebesar Rp400.000 untuk berkumpul dengan teman atau keluarga, untuk menghilangkan penat dari kesibukan di kantor, dan sebagai hiburan misalnya menonton bioskop atau minum kopi di kafe.

Selain itu, kita pun perlu menganggarkan dana untuk berlibur. Sisihkan 10% atau Rp400.000 dari nominal gaji. Sesekali kita perlu juga memberi hadiah bagi diri sendiri atas pencapaian kerja keras yang telah dilakukan.

Destinasi berliburnya tidak perlu yang mewah dan membutuhkan banyak biaya. Manfaatkan juga promo-promo yang marak ditawarkan di berbagai situs wisata.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More