Pengertian Performance Management System, Fungsi dan Tips Mengelolanya dengan Efektif

Rabu, 25 Mei 2022 - 18:03 WIB
Menjadi Acuan

Suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan penilaian kinerja karyawan juga bisa dijadikan sebagai bahan acuan. Terutama bagi tim HR yang memang bertanggung jawab terhadap berbagai hal berkaitan dengan tenaga kerja atau karyawan. Jadi, hasil penilaian kinerja pada akhirnya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi HR dan perusahaan untuk menentukan gaji atau upah serta kompensasi dan segala bentuk tunjangan yang lainnya.

Meningkatkan Komunikasi

Hasil dari penilaian kinerja karyawan nantinya akan dikomunikasikan oleh pihak perusahaan dengan diwakili oleh HRD kepada para karyawan. Hal ini akan mengakibatkan terjadinya komunikasi dua arah yaitu antara HRD dan karyawan.

Dari komunikasi inilah HRD bisa tahu lebih lanjut mengenai apa yang menjadi kendala atau kesulitan bagi para karyawan. Maka solusi bisa dipikirkan dan diberikan oleh perusahaan. Demikian pula perusahaan juga akan mengetahui apa yang diinginkan oleh perusahaan dari kinerjanya.

Mengembangkan Kinerja

Mungkin saja pada awalnya beberapa karyawan memiliki kinerja yang biasa saja. Beberapa faktor mungkin bisa membuat karyawan tidak bekerja semaksimal mungkin. Misalnya saja karena tidak memahami tujuan perusahaan atau mungkin karena kondisi kerja yang tidak kondusif dan lainnya. Namun melalui adanya manajemen kinerja, maka kendala karyawan bisa dimengerti sehingga karyawan bisa dimotivasi dan ditingkatkan kinerjanya.

Tips Meningkatkan Performance Management System

Tidak sedikit yang merasa kurang nyaman setelah mendengar kata performance management system. Meski pada kenyataannya, Performance management system tidak lebih dari hanya sekedar tinjauan yang harus dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk menilai suatu proses.

Pun, performance management system hanya merupakan kegiatan yang bertujuan men – tracking down berbagai proses produksi yang tidak berjalan dengan semestinya. Kemudian akan dicarikan solusi paling baik untuk memecahkan masalah tersebut.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More