Roadshow Forum B20 Sampai ke Kanada, Bahas Peningkatan Investasi dan Kerjasama Dagang

Minggu, 12 Juni 2022 - 06:33 WIB
Selaras dengan isu-isu prioritas yang diangkat pada tahun ini, forum B20 fokus membahas bagaimana Indonesia dan Kanada dapat berkolaborasi bersama dalam tiga sektor strategis: Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Transisi Energi.

Di bidang kesehatan global, Kanada memiliki program pendidikan unggulan yang menduduki peringkat 5 dunia untuk perawat atau tenaga kesehatan. Hal ini dapat membantu Indonesia dalam membangun sistem perawatan kesehatan yang lebih baik dengan mengirimkan perawat ke Kanada untuk dilatih, usai mereka menyelesaikan pelatihan dapat kembali ke Indonesia membawa pengetahuan dan keterampilan.

Diyakini ini akan menjadi kesempatan luar biasa bagi Indonesia untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat luas.

Sementara itu, dengan agenda transformasi digital, Kanada memiliki departemen penelitian terbaik untuk kecerdasan buatan di University of Toronto, yang baru-baru ini menjalin kerjasama dengan Uber salah satu layanan transportasi online di Amerika Serikat untuk membuat mobil tanpa pengemudi.

Berdasarkan hal tersebut, Indonesia berharap Kanada dapat membantu Indonesia mengintegrasikan kecerdasan buatan dengan sistem yang ada di Indonesia, seperti layanan BPJS Kesehatan. Dalam upaya menjadikan Indonesia sebagai negara berkembang yang tidak berkontribusi pada polusi jenis apa pun, transisi energi menjadi salah satu agenda yang juga didiskusikan dengan komunitas bisnis di Kanada.

Indonesia menyadari sangat perlu untuk mulai bergerak dalam menerapkan energi hijau, seperti yang telah dilakukan sebagian besar negara maju. Namun, mencapai tujuan ini, diperlukan anggaran tertentu untuk menciptakan transisi yang adil dan seimbang. Melihat Kanada lebih berpengalaman di bidang ini, Indonesia berharap Kanada dapat membimbing dan membantu terwujudnya transisi ini.

Lebih lanjut, hubungan Indonesia dan Kanada dapat diperluas di luar ketiga agenda tersebut. Saat ini, Indonesia sedang berupaya mencapai kesepakatan dengan Kanada untuk Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).



Perjanjian perdagangan komprehensif antara Kanada dan Indonesia ini akan memfasilitasi peluang baru bagi investasi bisnis Kanada, dengan menghilangkan atau mengurangi berbagai hambatan tarif dan non-tarif serta membangun ekosistem perdagangan dan investasi yang lebih terbuka, transparan dan dapat diprediksi.

Masih dalam rangkaian kegiatan “B20 Roadshow and Bilateral Visit” ke Kanada, delegasi KadinIndonesia juga berkesempatan melakukan pertemuan langsung dengan Wakil Menteri Perdagangan Internasional Kanada David Morrison. Dilanjutkan pertemuan dengan tujuh senator anggota legislatif Kanada, bertempat di gedung parlemen Ottawa, Kanada.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More