Caplok 15% Wilayah Ukraina, Ini Nilai Ekonominya bagi Rusia

Selasa, 04 Oktober 2022 - 13:51 WIB
Sementara, LPR adalah pusat transportasi penting dan dikenal dengan industri metalurgi, mesin dan pertaniannya. Ini juga memiliki pabrik kimia dan farmasi dan beberapa tambang batu bara. Sejumlah jalan raya transit penting melewati republik ini. Pihak berwenang di LPR mengatakan potensi pertaniannya besar, dengan fokus pada budidaya gandum.

3. Mengapa Zaporozhye penting?

Wilayah Zaporozhye adalah pusat pasokan energi, dengan tiga produsen energinya yang kuat: pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporozhye, fasilitas nuklir terbesar di Eropa, Stasiun Pembangkit Listrik Tenaga Air Dnepr, dan ladang angin Botievo.

Pada 2019–2020, Zaporozhye menghasilkan sekitar 40 miliar kWh listrik per tahun, yang merupakan sekitar 25–27% dari seluruh sektor energi di Ukraina. Wilayah ini memiliki sejumlah fasilitas industri dan teknik mesin besar, termasuk Pabrik Pembuatan Mobil Zaporozhye (ZAZ) dengan output 150.000 kendaraan per tahun. Sungai Dnieper, Waduk Kakhovka, dan Laut Azov memainkan peran penting dalam perekonomian Zaporozhye, yang juga memiliki potensi besar untuk budidaya ikan industri.

4. Apa pentingnya Kherson?

Wilayah Kherson mengkhususkan diri dalam pembuatan kapal dan terkenal dengan resor dan pertaniannya. Wilayah itu memiliki tanah subur terbesar di Ukraina, hampir 20.000 kilometer persegi. Wilayah ini menghasilkan sereal, bunga matahari dan sayuran. Tanah yang subur memungkinkan dua atau kadang-kadang bahkan tiga kali panen dalam satu musim.

Industri tradisional lainnya di sana adalah peternakan sapi dan pembuatan anggur. Ada rencana untuk mengembangkan resor dan kluster wisata di wilayah tersebut, yang memiliki akses ke Azov dan Laut Hitam.



5. Bagaimana Donbass, Zaporozhye, dan Kherson dapat berkontribusi pada ekonomi Rusia?

Wilayah-wilayah ini memiliki lokasi geografis yang sangat menguntungkan. Mereka menawarkan peluang besar karena keberadaan pelabuhan dan rute maritim dengan selatan Rusia. Akses ke pelabuhan utama Mariupol di Laut Azov berarti potensi peningkatan pasokan batu bara dan lainnya ke Afrika dan negara-negara Asia Selatan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More