Wall Street Sepekan Menguat, Saham Teknologi Diuji Keraguan Laporan Keuangan

Senin, 23 Januari 2023 - 07:21 WIB
loading...
A A A
"Pelepasan kepemimpinan ini ... akan menjadi salah satu yang diukur dalam beberapa tahun, bukan dalam bulan atau kuartal," kata Chris Verrone, kepala penelitian teknis dan makro di Strategas.

Perusahaan yang mencakup lebih dari setengah nilai pasar S&P 500 akan melaporkan hasil dalam dua minggu ke depan, termasuk Microsoft, perusahaan AS terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, pada hari Selasa, Tesla dan IBM milik Elon Musk (IBM.N) pada hari Rabu dan Intel (INTC.O) pada hari Kamis. Apple, perusahaan AS terbesar berdasarkan nilai pasar, dan Google-parent Alphabet melaporkan minggu berikutnya.

Pendapatan kuartal keempat di sektor teknologi diperkirakan turun 9,1% dari tahun lalu, dibandingkan dengan penurunan 2,8% untuk pendapatan S&P 500 secara keseluruhan, menurut Refinitiv IBES.

Pertanyaan penting bagi banyak megacaps, yang pernah digembar-gemborkan karena pertumbuhannya yang luar biasa, adalah apakah mereka dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan secara signifikan sambil memangkas biaya dalam menghadapi kemungkinan resesi.

Alphabet Inc (GOOGL.O) mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka memangkas sekitar 12.000 pekerjaan, atau 6% dari tenaga kerjanya, raksasa teknologi terbaru yang mengumumkan PHK. Microsoft pada hari Rabu mengatakan akan menghilangkan 10.000 pekerjaan sementara Amazon mulai memberitahu karyawan tentang PHK 18.000 orangnya sendiri.

"Positif terbesar adalah jika mereka dapat menunjukkan kontrol pengeluaran sambil mempertahankan setidaknya pertumbuhan yang masuk akal," kata Rick Meckler, partner di Cherry Lane Investments di New Vernon, New Jersey. "Ini tindakan penyeimbangan yang sulit."



Valuasi untuk perusahaan teknologi dan megacap telah dimoderasi setelah aksi jual tahun lalu, meskipun mereka masih berdiri di atas pasar yang lebih luas. Sektor teknologi S&P 500 masih diperdagangkan dengan premi sekitar 19% untuk indeks yang lebih luas, di atas rata-rata 7% dalam 10 tahun terakhir, menurut Refinitiv Datastream.

Meskipun demikian, beberapa investor enggan bertaruh melawan saham teknologi. Wells Fargo Investment Institute menghitung teknologi sebagai salah satu sektor AS favoritnya.

Perusahaan mengharapkan penurunan ekonomi dan percaya banyak perusahaan teknologi memiliki bisnis yang tahan terhadap ketidakpastian ekonomi, kata Sameer Samana, ahli strategi pasar global senior di sana. "Terlalu penting dan terlalu berbobot untuk tidak berpartisipasi," kata Samana. "Tapi tahun-tahun mengungguli S&P mungkin sekarang sudah berlalu."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1270 seconds (0.1#10.140)