Minyakita Langka, Pedagang Pasar Beralih Lagi ke Minyak Goreng Curah Jadul

Minggu, 05 Februari 2023 - 07:41 WIB
loading...
A A A
Ombudsman membeberkan bahwa penyebab kelangkaan Minyakita di pasaran dalam beberapa pekan terakhir adalah pemerintah sendiri. Menurut Ombudsman, faktor penyebab pertama adalah intervensi pemerintah.

Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Yeka Hendra Fatika, menerangkan, kebijakan pemerintah dalam mengeluarkan Minyakita dengan harga yang kompetitif dinilai menciptakan kesenjangan harga antara minyak goreng komersial dan Minyakita.

“Intervensi pemerintah menimbulkan dua harga minyak di pasar. Pembeli yang tadinya membeli minyak goreng curah, beralih ke Minyakita. Begitu pula dengan pembeli minyak goreng komersial,” ujar Yeka Hendra.

Intervensi tersebut mengakibatkan adanya peningkatan signifikan pada permintaan minyak yang dibandrol dengan harga Rp14.000 tersebut. Menurut Yeka, sebelumnya pemerintah tidak memperhitungkan hal ini sehingga terjadilah kelangkaan.

Menyikapi kelangkaan itu, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas menegaskan, Minyakita saat ini tengah dipersiapkan oleh produsen sebanyak 450 ribu ton per bulan dan akan fokus disebarkan di pasar tradisional. Artinya tidak disebar lagi di ritel ataupun marketplace (e-commerce) untuk mengantisipasi kelangkaan stok.



"Sekarang saya sudah bilang, langkah pertama tambah dulu, kemarin 300 ribu ton per bulan sekarang tambah jadi 50% jadi 450 ribu ton. Kedua, Minyakita udah nggak boleh lagi dijual online kita suruh jualnya di pasar," ujar Mendag Zulhas.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1432 seconds (0.1#10.140)