Punya Potensi, Erick Thohir Minta Daerah Tak Berpangku Tangan

Senin, 06 Februari 2023 - 11:45 WIB
loading...
Punya Potensi, Erick Thohir Minta Daerah Tak Berpangku Tangan
Erick Thohir minta pemda tak bergantung pada pusat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta pemerintah daerah ( pemda ) tidak selalu berpangku tangan, alias bergantung pada pemerintah pusat. Erick menganggap pemda mampu menggerakan ekonominya.



Menurutnya, setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda yang harus dikembangkan agar bisa memiliki nilai keekonomian. Erick mengatakan setiap daerah harus mampu mencari dan mengeluarkan potensinya yang berbeda dengan wilayah lain.

"Bapak Presiden kemarin sudah bilang, ayo dong masing-masing daerah punya carbon copy, keunikan masing-masing. Jangan berpangku tangan pada pemerintah pusat, tapi pemerintah daerah juga harus mampu," ungkap Erick, Senin (6/2/2023).

Meski demikian, Erick memastikan sejumlah proyek strategi nasional (PSN) yang digodok pemerintah pusat di daerah mampu berdampak positif bagi ekonomi setempat. Salah satunya, kehadiran kawasan industri di Kalimantan Barat (Kalbar).

Keberadaan kawasan itu nilainya mampu memperkuat ekosistem dari infrastruktur hingga sumber daya potensial yang dimiliki Kalbar, termasuk hilirisasi sumber daya alam (SDA). Setiap pembangunan, lanjut dia, memerlukan proses dan konsistensi.

Erick mencontohkan pengembangan nikel sejak 2017 yang baru terlihat pada 5 tahun kemudian. Erick pun menekankan pentingnya keberlanjutan dalam setiap pembangunan yang dampaknya akan dirasakan seluruh masyarakat.



"Inilah yang saya bilang, melanjutkan kesejahteraan untuk masyarakat harus terus terjadi, tapi terkadang, ganti pemimpin, ganti kebijakan, ini yang terjadi. Makanya kita harus ganti kultur, menghargai kebijakan yang ada, jangan semuanya salah," ucapnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3829 seconds (0.1#10.140)