Wamenkeu Ungkap Jebakan buat para Direksi PLN

Senin, 13 Februari 2023 - 15:58 WIB
loading...
Wamenkeu Ungkap Jebakan buat para Direksi PLN
Banyak jebakan yang dihadapi para direksi PLN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara mengatakan bahwa para direksi PT PLN (Persero) harus bersikap selayaknya pemimpin atau leader. Pasalnya, banyak jebakan yang dihadapi oleh mereka.



"Jebakannya banyak. Jebakan yang paling mendasar adalah PLN itu monopolistik," ujar Suahasil secara virtual dalam Webinar Economic Outlook & Everlasting Transformative Leadership di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Dia mengatakan bahwa jebakan ini paling mendasar. Lantaran PLN monopolistik dengan memegang kekuasaan monopoli, maka PLN menjadi "leader" monopoli di bidang kelistrikan.

"Mindset leadernya menjadi mindset leader monopoli, yang biasanya monopolistik itu dia memaksimalkan manfaat atau benefitnya sendiri. PLN ya monopoli, tapi bagaimana menjadi monopoli yang tidak hanya memaksimalkan benefit sendiri, ini menjadi satu PR besar," ungkap Suahasil.

Dia meyakini itu, dan juga menyampaikan keinginannya untuk melihat para pemimpin PLN merefleksikan masalah ini. "'Saya sudah menjadi leader yang membawa nama negara, atau saya menjadi leader yang membawa mindset monopoli?' Kita pikirkan dalam pekerjaan kita sehari-hari, dalam setiap bidang Bapak Ibu sekarang," ucap Suahasil.

Suahasil menyebut bahwa leader monopoli selalu menunggu, karena menurutnya semua orang pasti akan mencarinya tanpa memiliki opsi yang lain. Tapi, kalau seorang pemimpin yang berada dalam situasi persaingan, dia akan aktif mencari.



"Ibu Bapak, refleksikan, nunggu atau nyari. Leader dalam suatu perusahaan yang monopoli itu, turunannya banyak ya, yang tadi itu nunggu. 'Mau kemana lagi? Pasti ke saya' gitu pikirannya. Integritas kemudian menjadi kompromi, Ibu Bapak tolong refleksikan ke bidang tugas masing-masing, bukan hanya integritas pribadi, tapi juga integritas unit dari keseluruhan staf kita," tandas Suahasil.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2245 seconds (0.1#10.140)