TKA China dan Pekerja Lokal Sempat Bentrok, Menaker Ajak Ciptakan Hubungan Industrial Harmonis

Kamis, 16 Februari 2023 - 10:48 WIB
loading...
TKA China dan Pekerja Lokal Sempat Bentrok, Menaker Ajak Ciptakan Hubungan Industrial Harmonis
Menaker Ida mengajak semua pihak turut berpartisipasi aktif dalam menjaga hubungan industrial yang harmonis usai sempat terjadi bentrokan antara TKA China dan pekerja lokal di smelter nikel. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan atau Menaker Ida Fauziyah mengajak semua pihak turut berpartisipasi aktif dalam menjaga hubungan industrial yang harmonis. Seperti diketahui sebelumnya sempat terjadi bentrokan antara TKA (Tenaga Kerja Asing) China dan pekerja lokal di PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI), Morowali Utara, pada Januari lalu.

"Melalui keterlibatan semua pemangku kepentingan akan menyadarkan peran dan tanggung jawabnya, sehingga kemitraan serta kerja sama untuk mencapai tujuan bersama dapat terwujud," kata Menaker Ida Fauziyah pada pernyataan tertulisnya, Kamis (16/2/2023).



Sementara itu Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi menyambut baik kunjungan Menaker Ida Fauziyah ke Sulawesi Tenggara dalam meningkatkan pembangunan ketenagakerjaan yang ada di Kendari dan Konawe.

"Kami apresiasi kunjungan Ibu Menaker Ida Fauziyah ke Sulawesi Tenggara sebagai langkah pembangunan bidang ketenagakerjaan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ucap Ali.

Disamping itu Menaker mengutarakan, upaya hilirisasi industri seperti nikel berhasil mengurangi pengangguran di Indonesia melalui penciptaan peluang lapangan kerja baru.

"Hal ini dikarenakan nikel merupakan komoditas ekonomi yang banyak dibutuhkan dalam dunia industri, otomotif, energi serta banyak lagi manfaat lainnya," bebernya.



Pemerintah lanjut Menaker Ida menyadari perlunya perbaikan tata kelola industri smelter agar kehadirannya mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja.

Selain itu menurut Menaker, sosialisasi peran K3 (Keselamatan dan Kesehatan, Kerja) kepada masyarakat sangat diperlukan, dengan menjadikan K3 sebagai suatu gaya hidup. Utamanya pada perusahaan smelter nikel, yang belakangan menjadi sorotan akibat adanya kecelakaan kerja di Morowali Utara.

"Dengan diterapkannya K3, maka akan terjadi peningkatan kualitas dan kinerja individu maupun industri," sambungnya.

Sebagai informasi Kecelakaan kerja di PT Gunbuster Nickel Industri (GNI), Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah 2 kali terjadi dan menewaskan 3 orang pekerja dalam 2 bulan terakhir. Insiden maut itu mulai dari kebakaran smelter hingga kecelakaan saat berkendara.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1298 seconds (0.1#10.140)