Pamer Hilirisasi, Luhut Ajak Menperin Australia Berkunjung ke Indonesia

Minggu, 19 Februari 2023 - 10:00 WIB
loading...
Pamer Hilirisasi, Luhut Ajak Menperin Australia Berkunjung ke Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam rangkaian kunjungan ke Australia. FOTO/Instagram/@luhut.pandjaitan
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa perekonomian Indonesia tetap tumbuh meski pasca pandemi dan gejolak perekonomian global yang tak kunjung usai. Dia mengatakan bahwa pertumbuhan tersebut karena Indonesia fokus dalam mengembangkan industri hilirisasi.

Hal itu diungkapkan Luhut dalam rangkaian kunjungan kerja ke Australia bertemu dengan Menteri Perindustrian Australia serta profesor dan peneliti di Australia National University baru-baru ini. Dalam pertemuan tersebut, Luhut mengundang Menperin Australia, Madeleine berkunjung ke Indonesia untuk melihat industri hilirisasi Indonesia yang dibangun dari hulu ke hilir. Luhut mengungkapkan hilirisasi bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah dari kekayaan alam Indonesia.

"Karena itu saya mengundang mereka ikut bersama rombongan Menteri Perindustrian Australia, Mrs. Madeleine untuk berkunjung ke Indonesia. Kalian bisa lihat bagaimana industri hilirisasi benar-benar kita bangun dari hulu ke hilir," kata Luhut dalam keterangan unggahan akun instagram @luhut.pandjaitan dikutip, Minggu (19/2/2023).



Undangan itu dimaksudkan agar Menperin Australia dapat melihat langsung bagaimana industri hilirisasi memberikan nilai tambah terhadap kekayaan alam saja. Tetapi juga memberi nilai tambah kepada sumber daya manusia Indonesia.

"Saya ingin kalian percaya bukan hanya dari cerita saya maupun informasi-informasi yang beredar di media ataupun media sosial saja, tetapi kalian harus melihat sendiri bagaimana transfer teknologi yang kami lakukan lewat dibangunnya beberapa Politeknik Industri terkait sangat bermanfaat untuk pengembangan SDM," katanya.

"Jika kita punya tenaga kerja lokal yang terdidik dan terampil mengoperasikan mesin-mesin industri, kita tidak perlu mendatangkan lagi tenaga kerja dari luar negeri yang sudah tentu menghabiskan banyak biaya," tambahnya.



Luhut berharap nantinya Menperin Australia beserta rombongan dapat melihat langsung dan muncul kepercayaan bahwa Indonesia serius dalam pengembangan industri hilirisasi dan pengembangan SDM.

"Harapan saya sederhana, agar trust yang sama-sama kita butuhkan muncul karena sudah kalian buktikan sendiri termasuk dengan apa yang terjadi di Papua saat ini. Kami sudah membuktikan satu hal bahwa membangun infrastruktur dan membangun manusia yang terdidik dan terampil bisa kita lakukan bersama-sama," pungkasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)