Ini 4 Dampak Ekonomi dan Bisnis Kehadiran Cristiano Ronaldo di Arab Saudi

Rabu, 22 Februari 2023 - 16:34 WIB
loading...
Ini 4 Dampak Ekonomi dan Bisnis Kehadiran Cristiano Ronaldo di Arab Saudi
Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepakbola dunia yang melegenda. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepakbola dunia yang melegenda. Kepindahan pemain Portugal itu ke klub sepakbola Al-Nassr tentunya mempengaruhi aspek ekonomi dan bisnis Arab Saudi .

Berdasarkan data dari The SportsGrail, Ronaldo kini telah menjadi pemain sepak bola termahal. Pemain asal Portugal ini telah memiliki kontrak yang bernilai sebesar USD 214,04 juta per tahun.

Dengan gaji yang dimilikinya tersebut, tentu telah diputuskan atas pertimbangan banyak hal. Salah satunya terkait dengan dampak ekonomi dan bisnis di Arab.

Baca juga : Capai 1,2 Juta Orang dan Suka Belanja, Jemaah Umrah RI Sokong Ekonomi Arab Saudi

Berikut empat dampak Cristiano Ronaldo terhadap ekonomi dan bisnis di Arab Saudi.

1. Mendatangkan investor ke Arab Saudi

Perekrutan Ronaldo merupakan salah satu strategi investasi Arab Saudi dalam dunia olahraga. Menurut Lembaga Investasi Public, Arab Saudi kini telah mengantongi saham klub bola Inggris yakni, Newcastle United sebesar 80% dan telah menggelontorkan dana sekitar USD 2,3 miliar untuk membiayai klub lokal.

Beberapa saham yang dimilikinya dibeli menggunakan dana sponsorship. Salah satu sponsor rutinan Arab Saudi yakni seperti perusahaan minyak dan gas Aramco yang memberikan dana sebesar USD 40 juta per tahun untuk beberapa cabang olahraga.

Semakin banyaknya sponsorship yang datang ke Arab Saudi menambah sumber pendapatan Arab Saudi. Sehingga tujuannya untuk bersaing dengan qatar Uni Emirat Arab sebagai negara modern dan Internasional terwujud.

2. Sukses menjual hak siar ke beberapa negara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1441 seconds (0.1#10.140)