Ini 4 Dampak Ekonomi dan Bisnis Kehadiran Cristiano Ronaldo di Arab Saudi

Rabu, 22 Februari 2023 - 16:34 WIB
loading...
A A A
Kedatangan Cristiano Ronaldo sebagai ikon sepakbola global dan kesuksesan Arab Saudi di Piala Dunia pada tahun 2022 telah menambah visibilitas sepakbola di kawasan Arab. Dengan adanya hal itu membuat beberapa saluran TVnya kini mulai terjual di beberapa negara di dunia.

Startimes merupakan salah satu saluran televisi digital yang terjual habis di beberapa negara di dunia seperti Afrika. Saluran yang satu ini menayangkan 34 pertandingan selama 17 putaran sebagai tuan rumah bintang sepak bola top termasuk Cristiano Ronaldo, Udion Igalo, Ever Banega, David Ospina, Hegazi, Luiz Gustavo dan masih banyak lagi.

Selain Startimes, Sport TV juga telah terjual hak siarnya di beberapa negara seperti Portugal dan Italia. Saluran ini akan menampilkan semua pertandingan Ronaldo dan juga akan memprioritaskan pertandingan yang menampilkan pelatih Portugis Nuno EspĂ­rito Santo (Al-Ittihad), Pepa (Al-Tai) dan Pedro Emmanuel (Khaleej FC).

Baca juga : Indonesia Perkuat Kerja Sama Ekonomi dengan Arab Saudi

3. Jumlah penontonnya selalu banyak

Datangnya Ronaldo ke klub Al-Nassr membuat beberapa stadion di Arab Saudi tak pernah sepi penonton. Tercatat lebih dari dua juta penggemar yang selalu menonton baik via online atau menonton langsung pertandingannya.

Hal ini diketahui sejak pertandingannya melawan PSG yang dimainkan di Stadion King Fahd, membuat stadion berkapasitas 68.000 di Riyadh ini selalu penuh.

4. Tiket pertandingannya selalu habis terjual

Kehadiran megabintang ke Arab Saudi telah mengubah jumlah penjualan tiket dalam setiap pertandingan sepak bola disana. Bahkan sebagian besar tiket pertandingan Cristiano Ronaldo telah habis terjual.

Selain itu sepanjang sejarah sepak bola Arab Saudi, tercatat penjualan tiket terbesarnya ada pada saat pertandingan Ronaldo dengan Messi. Tiket spesial pun turut terjual dalam pertandingan tersebut dengan harga 10 juta riyal atau setara dengan USD 2,6 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1439 seconds (0.1#10.140)