Wawancara Khusus Chief Executive Officer DOKU, Chris Yeo: Ubah Peluang Jadi Uang

Rabu, 22 Februari 2023 - 18:30 WIB
loading...
A A A
Apa keunikan sistem pembayaran yang ditawarkan DOKU?
Kami memiliki tiga keunikan. Pertama, kami memiliki rangkaian produk pembayaran yang sangat luas, baik dari online maupun offline. Kedua adalah layanan. Kami mampu memberikan layanan terbaik karena memiliki pengalaman untuk memahami kebutuhan klien kami. Ketiga, kami memiliki spesialisasi dalam menangani kebutuhan perusahaan besar yang memiliki masalah yang cukup rumit dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya, mereka membutuhkan solusi tentang pembayaran online, pengintegrasian produk kami ke aplikasi mereka, atau apapun itu, kami memiliki solusi dan mampu melayani mereka dengan baik.

Awal tahun ini kami juga semakin gencar berekspansi ke UMKM dan secara khusus fokus pada pedagang kecil dan mikro (penjual di media sosial) karena kami tahu pasar UMKM sangat luas. Kenapa kami melakukan itu? Karena kami melihat potensi pertumbuhan yang sangat baik. Kami pun menyediakan layanan untuk mereka, seperti link pembayaran, atau membantu mereka membuat e-catalog, dan berjualan di platform digital.

Namun, yang terpenting adalah budaya DOKU. Aspirasi kami adalah “Ubah Peluang, Jadi Uang” Sehingga kami fokus untuk membantu para merchant untuk mengubah setiap kesempatan menjadi penghasilan bagi mereka.

Bagaimana kolaborasi DOKU dengan pelaku fintech lain?
Kolaborasi sangat diperlukan untuk fintech. Namun, pelaku fintech lainnya biasanya merupakan merchant atau mitra kami.Hal ini karena kami memiliki produk yang luas dan pelaku lainnya biasanya hanya fokus pada segmen atau produk tertentu.

Sebagai pelaku B2B, kami memiliki kekuatan untuk memperkuat suatu ekosistem dengan sistem pembayaran yang holistik. Misalnya, kami mendukung ekosistem Tiktok dengan menyediakan produk checkout online di TikTok Shop. Kami juga mendukung metode pembayaran di Google Play Store. Jadi kami bekerja dengan pelaku digital lokal yang sangat besar dan masih berkembang pesat dan juga pelaku digital global. Kami membantu mereka tumbuh dan menjadi bagian dari ekosistem.

(Baca juga:MNC Bank Berbagi Kemudahan Transaksi Pembayaran Digital)

Tapi kami juga bekerja dengan jenis pelaku lain, salah satunya adalah bank. Saat ini kami sedang menjadi mitra dari Bank Muamalat untuk mendukung kebutuhan nasabah korporat mereka. Untuk bank global, kami juga bekerja sama dengan HSBC. Kami membantu mereka untuk melayani nasabah korporat mereka.

Menurut saya, yang paling penting adalah DOKU tidak tinggal hanya pada satu ekosistem, tetapi kami bekerja di ekosistem yang berbeda. Sebagai pelaku B2B, itulah cara kami tumbuh lebih cepat dengan bekerja sama dengan pelaku lain sebanyak mungkin. Kami juga mencari lebih banyak mitra untuk bekerja sama di Indonesia khususnya, Malaysia dan saya berharap di masa depan akan ada negara lain juga.

Bagaimana daya saing fintech di Indonesia?
Setiap fintech memiliki posisi, target dan ekosistem yang berbeda. Namun, kami yakin pasar Indonesia cukup besar untuk mendukung semua pelaku fintech. Hal terpenting bagi kami adalah fokus pada area kami. Sebagai pelaku yang memiliki spesialisasi dalam perusahaan besar dengan rangkaian produk terluas, kami dapat melayani merchant dengan baik dan menemukan solusi untuk kebutuhan pembayaran mereka yang kompleks. Saya juga selalu mengatakan kepada tim untuk tidak fokus pada kompetisi, melainkan memberikan pelayanan terbaik kepada para merchant. Merchant kemudian akan senang dan terus memilih DOKU.

Apa yang mau lebih dikembangkan dari brand image DOKU?
Saya pikir brand image sangat penting, khususnya ketika kami ingin lebih menjangkau UMKM. Salah satu yang kami lakukan adalah mengubah tampilan website, menjadi lebih segar dan menyesuaikan segmen baru yang ingin kami targetkan. Dalam website tersebut, kami menampilkan ragam produk yang ditawarkan, baik kepada UMKM atau perusahaan besar. Selain itu kami juga mulai membangun sebuah komunitas merchant yang bernama Juragan DOKU, dengan memberikan pendampingan bagi para UMKM untuk dapat terus bertumbuh dan merasakan secara langsung manfaat dari solusi UMKM dari DOKU.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)