Ini 3 Keuntungannya Negara yang Bergabung dengan BRICS

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:43 WIB
loading...
Ini 3 Keuntungannya Negara yang Bergabung dengan BRICS
BRICS menjadi magnet tersendiri bagi banyak negara di dunia yang peminatnya mencapai puluhan untuk bisa bergabung dengan kelompok multilateral itu. Berikut 3 keuntungan bagi negara yang bergabung dengan BRICS. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - BRICS telah menjadi magnet tersendiri bagi banyak negara di dunia yang peminatnya mencapai puluhan untuk bisa bergabung dengan kelompok multilateral itu. Saat ini BRICS beranggotakan lima negara, yakni Brazil, Rusia , India, China dan Afrika Selatan.

Pada awalnya, organisasi ini bernama BRIC yang berdiri pada tahun 2001 dan hanya beranggotakan empat negara, yaitu Brazil, Rusia, India, dan China. Barulah pada tahun 2010, Afrika Selatan bergabung dengan asosiasi informal dari negara-negara berkembang utama dunia tersebut.



Dilansir dari The Economic Times, Jim O’Neill yang merupakan ekonom Goldman Sachs menganggap BRICS akan menguasai kekuatan ekonomi dunia mulai tahun 2050. Pasalnya keempat negara yang tergabung di dalamnya dianggap sebagai raksasa ekonomi dunia saat ini.



BRICS dianggap memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kestabilan ekonomi global, dengan menguasai 17% pasar global dan menyumbang sepertiga GDP dunia. Selain itu, negara anggota BRICS terdiri dari negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia dan menjadi potensi kekuatan tersendiri.

Puluhan negara disebut tertarik untuk bergabung dengan BRICS. Salah satu negara yang tertarik menjadi anggota BRICS adalah Argentina.

Dilansir dari Reuters, Presiden Argentina Alberto Fernandez mengatakan negaranya sedang mengalami krisis ekonomi dan inflasi yang tinggi. Oleh sebab itu, mereka ingin bergabung dengan BRICS.

Selain itu ada juga Mesir, Iran, Arab Saudi, Aljazair, Uni Emirate Arab, Meksiko, Indonesia hingga Turki disebut telah menyatakan minat mereka untuk bergabung dengan grup tersebut selama beberapa bulan dan tahun terakhir.

Secara khusus, Aljazair mengajukan permohonan resminya pada November tahun lalu. Pada bulan Desember, Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune berharap negaranya dapat bergabung dengan aliansi tersebut pada tahun 2023.

Lantas apa saja keuntungan bagi negara yang bergabung dengan BRICS? Berikut ulasannya.

1. Keamanan Pangan


Negara anggota BRICS terdiri dari beberapa negara dengan agrikultur yang cukup mumpuni. BRICS juga memiliki lembaga penelitian agrikultur yang bernama BRICS Agriculture Research Platform (BRICS-ARP). Selain itu negara anggota organisasi ini juga sepakat untuk bekerja sama dalam hal pembangunan agrikultur.

2. Keamanan Akses Pasar Internasional


BRICS berkomitmen untuk menjaga keamanan akses pasar internasional. Mereka mengatasi segala bentuk kejanggalan dalam perdagangan internasional, hal itu tentunya sangat bersahabat dengan negara berkembang dan dapat membangun perdagangan internasional.

3. Bersahabat dengan Negara Berkembang


BRICS dikenal sebagai saingan Group of Seven (G7). Untuk itu, BRICS mulai memikat negara-negara berkembang yang mulai mengalami perkembangan ekonomi pesat. BRICS bertekad membantu dalam hal pertumbuhan negara berkembang dalam hal kesehatan dan infrastruktur sosial.

Itulah tiga keuntungan bagi negara yang bergabung dengan BRICS. Organisasi ini diperkirakan akan lebih besar dan kuat dibanding G7, benarkah?.

MG/Ari Achmad Dhani
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5728 seconds (0.1#10.140)