Perry Warjiyo Wanti-wanti Pemulihan Ekonomi Global Bakal Lama

Kamis, 16 Juli 2020 - 20:01 WIB
loading...
Perry Warjiyo Wanti-wanti Pemulihan Ekonomi Global Bakal Lama
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai kontraksi perekonomian global bakal berlanjut dan pemulihannya lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menilai kontraksi perekonomian global bakal berlanjut dan pemulihannya lebih lama dari perkiraan sebelumnya. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan penyebaran COVID-19 yang kembali meningkat di beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS), Brazil, dan India, memengaruhi perkembangan ini.

Selain itu, mobilitas pelaku ekonomi yang belum kembali normal sejalan penerapan protokol kesehatan turut menahan aktivitas ekonomi. "Perkembangan ini menyebabkan efektivitas berbagai stimulus kebijakan yang ditempuh dalam mendorong pemulihan ekonomi di banyak negara maju dan negara berkembang termasuk Tiongkok, menjadi terbatas," katanya di Jakarta, Kamis (16/7/2020).

( )

Lebih lanjut terang dia, sejumlah indikator ekonomi global menunjukkan permintaan yang lebih lemah, ekspektasi pelaku ekonomi yang masih rendah, serta permintaan ekspor yang tertahan sampai Juni 2020. "Sejalan dengan permintaan global yang lebih lemah tersebut, volume perdagangan dan harga komoditas dunia juga lebih rendah dari perkiraan semula dan menurunkan tekanan inflasi global," ungkapnya.

Perry menambahkan, lambatnya pemulihan ekonomi dunia serta kembali meningkatnya tensi geopolitik AS-Tiongkok menaikkan ketidakpastian pasar keuangan global. Hal itu menambahkan tekanan di tengah pandemi Covid-19 yang terus menyebar.

( )

"Perkembangan ini akhirnya menahan berlanjutnya aliran modal ke negara berkembang dan kembali menekan nilai tukar negara berkembang, termasuk Indonesia," tandasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8020 seconds (0.1#10.140)