Dipantau Jokowi, Pembangunan Pipa Gas CISEM Capai 80 Persen Lebih

Minggu, 05 Maret 2023 - 18:30 WIB
loading...
Dipantau Jokowi, Pembangunan Pipa Gas CISEM Capai 80 Persen Lebih
Pembangunan pipa gas CISEM terus dikebut. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) kembali menegaskan dukungannya terhadap pembangunan pipa transmisi gas bumi Cirebon-Semarang (CISEM). Pipa transmisi yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini pembangunannya telah mencapai 80,28%.



"Kementerian ESDM berusaha mendukung sepenuhnya pembangunan CISEM Tahap I selesai tepat waktu. Kami sudah mengidentifikasi sumber-sumber gas yang produksinya bisa dialirkan lewat pipa ini untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dalam kunjungan kerja bersama Inspektur Jenderal ESDM Akhmad Syahroza dikutip dari laman Kementerian ESDM, Minggu (5/3/2023).

Pembangunan pipa transmisi gas bumi CISEM bertujuan meningkatkan akses gas bumi bagi seluruh masyarakat maupun industri. Pipa transmisi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas gas bumi yang sebagian besar berasal dari lapangan gas di Jawa Timur bisa sampai ke wilayah Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan industri yang sedang berkembang. Untuk ruas Semarang - Batang, hingga 1 Maret 2023 pembangunannya telah mencapai 80,28% dari rencana 79,12%.

Proyek pembangunan pipa transmisi CISEM ini, lanjut Tutuka, menjadi perhatian Presiden Joko Widodo dan masyarakat. Agar pelaksanaan berjalan lancar, pemerintah mengharapkan pelaksana di lapangan tak ragu menyampaikan kendala yang dihadapi.

"Pipa CISEM tidak hanya diperlukan oleh industri dan masyarakat, tetapi juga jaringan gas rumah tangga," lanjut Tutuka.

Pembangunan pipa transmisi gas CISEM merupakan bagian dari proyek lelang transmisi gas yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2006. Proyek ini terlambat karena adanya kendala jaminan pasokan gas bumi yang bisa digunakan sebagai base line untuk pembangunan ruas pipa gas transmisi CISEM.



Selain itu, juga terjadinya perbedaan asumsi keekonomian yang berubah saat ini dibanding tahun 2006. Pipa transmisi gas CISEM memiliki panjang 255 km dengan nilai investasi mencapai USD169,41 juta atau sekitar Rp2,5 triliun.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)