PLN Tantang Alumni ITS Kembangkan Pembangkit Tenaga Gelombang

Selasa, 07 Maret 2023 - 20:08 WIB
loading...
A A A
Berdasarkan skenario yang disusun, industri dan transportasi perlu menjadi fokus perhatian. Sebab dua sektor inilah penyumbang emisi karbon terbesar.

"Semua mesin dan peralatan industri harus menggunakan emisi karbon rendah. Begitu juga transportasi. Kalau target belum tercapai, DEN sudah menyusun skenario hingga 2080," ujar mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR ini.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono sangat mendukung transisi energi pada sektor transportasi dari BBM berbasis fosil ke tenaga listrik. Sebab perubahan ini jelas akan mengurangi emisi CO2.

Hanya dia meminta pemerintah bisa menyediakan jawaban atas keluhan masyarakat terlebih dulu. "Jawab dulu keresahan publik soal 20 juta kendaraan yang sudah pakai BBM," kata guru besar transportasi UGM ini.

Direktur Inovasi dan Sains ITS Agus Muhammad Hatta mengatakan, bentuk dukungan ITS terhadap NZE tidak lagi dalam bentuk konsep, tetapi sudah aplikatif. Dia mencontoh bus listrik yang telah digunakan, green transport di bandara untuk mendukung aktivitas di bandara, serta motor trail listrik.



"Ada 34 unit trail listrik yang digunakan untuk membantu masyarakat di Puncak Jawawijaya, Papua," kata dia.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)