3 Tahun Pandemi Covid-19, Ini 5 Bisnis yang Bersinar dan Redup

Sabtu, 11 Maret 2023 - 16:22 WIB
loading...
A A A
Bahkan, tak sedikit yang akhirnya bertumbangan lantaran tak kuat lagi bayar sewa. Tak heran jika lantas banyak ruko atau space di mal yang kosong..

3. Hotel

Senada dengan mal dan restoran, industri perhotelan juga ikut megap-megap dihantam pandemi. Pasalnya, mobilitas dibatasi dan saat pandemi masyarakat ketakutan tertular sehingga lebih nyaman berdiam di rumah dibanding menginap di hotel. Untuk bertahan, banyak hotel yang memangkas karyawannya dan juga banting harga kamar menjadi sangat murah.

Saat ini, mayoritas hotel sudah mulai menggeliat kembali dan okupansi pun berangsur normal. Namun, kabar bahwa banyak hotel yang dijual juga bukan isapan jempol.


4. Penerbangan

Pembatasan mobilitas dan larangan perjalanan akibat pandemi sudah pasti memukul industri penerbangan di seluruh dunia. Jumlah penumpang pesawat anjlok. Sejumlah maskapai penerbangan pun terpaksa merumahkan atau memangkas jumlah karyawannya.

5. Bisnis Ekspor-impor

Bisnis ekspor dan impor ikut terkendala saat pandemi karena adanya berbagai pembatasan. Beberapa negara seperti China yang sempat beberapa kali menerapkan kebijakan lockdown tentunya membuat ekspor Indonesia ikut terhambat.

Belum lagi perang Rusia-Ukraina yang menyebabkan tersendatnya ekspor-impor komoditas sehingga memicu kekhawatiran krisis energi dan pangan.

Efek domino pandemi, perang Rusia-Ukraina, hingga ketidakpastian perekonomian jadi pemicu belum maksimalnya pemulihan sektor-sektor usaha yang ambruk akibat pandemi Covid-19.

Memasuki tahun 2023 ini, seiring melandainya kasus Covid-19 dan melonggarnya pembatasan, bisnis-bisnis yang sempat terpuruk tersebut mulai menggeliat kembali.

Bahkan, industri penerbangan sejak liburan akhir tahun lalu mengalami lonjakan penumpang karena banyaknya masyarakat yang sudah rindu untuk bepergian dan berwisata.

(ind)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)