Pemda Diminta Permudah Izin UMKM

Minggu, 20 September 2015 - 13:29 WIB
Pemda Diminta Permudah Izin UMKM
Pemda Diminta Permudah Izin UMKM
A A A
JAKARTA - Pemerintah daerah (Pemda) diminta untuk membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerahnya masing-masing dengan cara mempermudah perizinan.

"Pemda mulai dari kabupaten dan kota harus lebih riil lagi dalam membantu UMKM. UMKM ini ngurus izin saja susahnya setengah mati," kata CEO Smartpreneur Pro Indonesia Budi Isman saat ditemui di sela-sela Workshop Onein20 Movemnet di Gedung Sindo, Jakarta, Minggu (20/9/2015).

Menurutnya, Pemda memang memiliki peran penting dalam mengembangkan UMKM di daerah masing-masing. Selain itu, Pemda juga harus jeli melihat kendala UMKM yang dihadapi saat ini.

"Memang mereka (Pemda) membantu seperti ngurus Produk Industri Tumah Tangga (PIRT), tapi seharusnya dibuka kesempatan bagi UMKM untuk segera mengurus izin-izin administrasi yang lebih efisien," ujar dia.

Menurutnya, industri kecil seperti UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mencegah terjadinya PHK. Apalagi, banyak UMKM yang tumbuh di beberapa daerah.

Seperti diberitakan sebelumnya, CEO Smartpreneur Pro Indonesia Budi Isman menilai, kurang memperhatikan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), namun lebih memperhatikan proyek-proyek besar.

"Betul (pemerintah fokus proyek besar), saya kan dulu pemain besar. Jadi saya tahu. Kenapa saya fokus di UKM karena saya tahu bahwa ini yang menyentuh masyarakat. Memang ada perhatian pemerintah ke UKM, tapi tidak terintegrasi," kattandasnya.

Baca Juga:

Cegah PHK, UMKM Harus Survive

Budi Isman Nilai Pemerintah Kurang Perhatikan UMKM

HT: Banyak PHK, Pemerintah Harus Fokus Kembangkan UMKM
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8719 seconds (0.1#10.140)