HSBC Akuisisi Silicon Valley Bank di Inggris Seharga 1 Poundsterling

Selasa, 14 Maret 2023 - 19:55 WIB
loading...
HSBC Akuisisi Silicon Valley Bank di Inggris Seharga 1 Poundsterling
HSBC menyetujui akuisisi anak perusahaan Silicon Valley Bank di Inggris Raya. FOTO/Reuters
A A A
LONDON - HSBC menyetujui akuisisi anak perusahaan Silicon Valley Bank di Inggris Raya seharga 1 poundsterling setara Rp18.000 atau lebih dari USD1. Hal itu berdasarkan kesepakatan yang difasilitasi oleh Pemerintah Inggris dan Bank of England menyusul keruntuhan pemberi pinjaman AS.

"Akuisisi ini masuk akal strategis untuk bisnis kami di Inggris," ujar Kepala Eksekutif HSBC Noel Quinn melalui pernyataannya dikutip The Washington Post, Selasa (14/3/2023).

Sementara, Pemerintah Inggris akan melindungi simpanan nasabah tanpa dukungan dari pajak. "Nasabah SVB UK akan mengakses simpanan dan layanan perbankan mereka seperti biasa mulai hari ini," kata dia.



Berdasarkan kesepakatan, anak perusahaan HSBC di Inggris akan membiayai akuisisi Silicon Valley Bank UK Limited, yang diharapkan akan segera selesai. Kesepakatan itu mengecualikan semua aset dan kewajiban perusahaan induk, SVB.

Kesepakatan Inggris datang setelah pemerintahan Biden bergerak untuk melindungi pelanggan SVB dari kerugian, mengumumkan Minggu malam bahwa deposan akan memiliki akses ke semua uang mereka pada Senin pagi, menyetujui intervensi luar biasa yang bertujuan untuk mencegah krisis dalam sistem keuangan.

Pihak berwenang mengatakan bahwa juga memperluas perlindungan kepada deposan Signature Bank di New York, yang ditutup oleh regulator negara bagian pada hari Minggu karena kegelisahan di sektor keuangan menyebar.

Pemerintah Inggris, Bank of England, dan regulator keuangan telah mencari pembeli selama berhari-hari untuk anak perusahaan SVB di Inggris untuk melindungi sektor teknologi negara tersebut. Perusahaan rintisan Inggris sangat bergantung pada bank untuk pembiayaan, tetapi mereka berada dalam kondisi tidak pasti setelah regulator AS menutup SVB pada hari Jumat lalu, yang merupakan keruntuhan bank terbesar kedua dalam sejarah AS.



Menteri Keuangan Jeremy Hunt mengatakanpemerintah bekerja dengan cepat untuk memenuhi janji menjaga sektor dan nasabah bank. Bank of England mengatakan menyetujui penjualan untuk menstabilkan SVB UK yang memastikan keberlangsungan layanan perbankan dengan meminimalkan gangguan pada sektor teknologi Inggris dan meningkatkan kepercayaan dalam sistem keuangan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)