Depo Plumpang Dekat Pemukiman Warga, Dirut Pertamina: Warganya Mendekat, Ini Ada di Beberapa Daerah

Rabu, 15 Maret 2023 - 07:03 WIB
loading...
Depo Plumpang Dekat Pemukiman Warga, Dirut Pertamina: Warganya Mendekat, Ini Ada di Beberapa Daerah
Singgung soal keamanan Depo BBM Pelumpang yang berdekatan dengan pemukiman warga, Dirut Pertamina Nicke Widyawati kasie penjelasan begini. Foto/Arif Julianto, SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati menerangkan, standar buffer zone Terminal Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di kota besar lain di Indonesia juga akan ditingkatkan setelah kebakaran yang terjadi di Depo Plumpang . Pasalnya, sejumlah Terminal Pertamina di kawasan lain masih berdekatan dengan pemukiman warga.

"Tentu ini ada standar safety yang harus kita penuhi berdasarkan standar yang berlaku secara internasional. Dan kondisi ini bukan saja kita bangun di Plumpang, yang warganya mendekat. Tadinya lahan ini jauh dari mana-mana, aset kita ini, kemudian warganya ini mendekat, ini ada di beberapa daerah, khususnya terminal BBM yang di kota-kota besar," ungkap Dirut Pertamina, Nicke Widyawati saat RDP bersama Komisi VI DPR RI, dikutip Rabu (15/3/2023).



Menurutnya, pembuatan dan peningkatan buffer zone di Depo Plumpang dan kota lain harus dilakukan. Upaya itu untuk menghindari insiden kebakaran yang pernah terjadi di Plumpang. Perseroan pun meminta dukungan semua pihak agar target tersebut dapat direalisasikan.

"Jadi apa yang kita sama-sama lakukan pembangunan buffer zone ini tidak hanya berhenti di Plumpang, kalau kita ingin menghindari insiden seperti ini lagi, maka ini yang harus kita selesaikan. Untuk itu tidak mungkin Pertamina menjalankannya sendiri," katanya.

"Karena itu sangat urgen menjaga operasional di Plumpang dan juga keamanan dan keselamatan warga, maka yang paling mendesak adalah membangun buffer zone," sambungnya.



Di lain sisi, usai insiden kebakaran TBBM Plumpang, opsi penutupan secara serentak dinilai tak mungkin dilakukan. Pasalnya 15% dari total pasokan BBM nasional berada di kawasan tersebut.

Nicke mengatakan, penutupan atau pemindahan Terminal BBM Plumpang tidak bisa serta merta begitu saja. Menurutnya, pemindahan Terminal BBM Plumpang ke lokasi lain yang disebut-sebut milik PT Pelindo (Persero) tanpa persiapan yang matang, akan mengganggu value chain bahan bakar, khususnya distribusi ke 19 daerah.

"Kita lihat area ini (Depo BBM) dan tadi kita sama-sama tahu, ingin menyuplai 790 SPBU yang mengcover 19 kota dan kabupaten, tidak bisa serta merta kita pindahkan. Dan ini yang tadi juga kami sampaikan di awal menyimpan 15 persen dari stok (BBM) nasional," tuturnya.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)