Perjalanan Rusia Bangkit dari Keruntuhan Ekonomi Era Soviet, Kini Menegaskan Konsistensi

Kamis, 23 Maret 2023 - 09:54 WIB
loading...
A A A
Sementara itu Vladimir Putin menjadi tokoh politik paling dominan di Rusia sejak tahun 2000 dan telah meningkatkan kendalinya atas lembaga-lembaga negara dan media. Sebuah proses yang baru-baru ini dilengkapi dengan penekanan pada nasionalisme yang sengit dan permusuhan terhadap Barat.

Invasinya ke Ukraina pada Februari 2022, dalam upaya untuk menegaskan kembali kendali Rusia atas negara tetangga itu. Ini adalah perang konvensional terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua dan langsung disambut dengan kecaman internasional yang meluas.

Fakta-fakta seputar Rusia:

Ibukota: Moskow
Luas: 17.098.246 km persegi
Populasi: 147,1 juta
Bahasa: Rusia, ditambah bahasa daerah dan lokal
Harapan hidup: 66 tahun (pria), 76 tahun (wanita)

Pemimpin negara
Presiden: Vladimir Putin

Vladimir Putin telah menjadi tokoh politik yang mendominasi di Rusia sejak pemilihannya sebagai presiden pada tahun 2000. Menjabat dua periode dan kemudian tugas empat tahun sebagai perdana menteri, sebelum melanjutkan kepresidenan pada tahun 2012 dan memenangkan pemilihan ulang pada tahun 2018.

Sejak pemilihannya kembali hanya melawan oposisi, pihak berwenang Rusia semakin memperketat kontrol atas media, sehingga meredam embrio gerakan oposisi.

Dia juga telah dan mengadopsi nasionalis yang keras dan menarik ingatan tentang kekuatan era Soviet untuk menopang dukungan domestik. Presiden menampilkan dirinya sebagai pemimpin kuat yang membawa Rusia keluar dari krisis ekonomi, sosial dan politik tahun 1990-an, dan membela kepentingan nasional Rusia, terutama terhadap dugaan permusuhan Barat.

Penentang dan kritikus di dalam dan luar negeri menuduhnya merusak institusi Rusia, menghentikan pembangunan demokrasi dan mengakarkan pemerintahan oleh elit yang sempit dan kaya.

Media
Sejak dimulainya invasi ke Ukraina pada Februari 2022 hampir semua outlet media independen di Rusia telah ditutup, atau dipaksa untuk ditutup serta telah meninggalkan negara itu untuk beroperasi dari pengasingan.

Saluran TV domestik teratas yang dikendalikan negara telah menghapus jadwal mereka untuk menghadirkan program terkini yang menyebarkan materi anti-Ukraina dan anti-Barat. Pihak berwenang juga telah memperluas kendali mereka atas dunia online dan ingin mengekang pengaruh raksasa internet global.

Timeline

Beberapa tanggal penting dalam sejarah Rusia:

1547 - Pangeran Agung Ivan IV dari Moskow (Ivan the Terrible) adalah penguasa pertama yang diproklamasikan sebagai Tsar Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3384 seconds (0.1#10.140)