China Hadapi Krisis Populasi, Mayoritas Wanitanya Ogah Punya Anak

Senin, 17 April 2023 - 05:55 WIB
loading...
A A A
"Ada keinginan untuk berkarier di China, namun menjadi ibu rumah tangga tidak pernah menjadi tujuan. Hal itu bahkan tidak muncul di radar (pikiran) bagi kebanyakan wanita," kata Xie.

Karena semakin banyak wanita yang mencapai kualifikasi lebih tinggi dan naik pangkat di tempat kerja, membuat mereka mengharapkan suami mereka berpenghasilan lebih dari mereka, menurut Xie.

Pada tahun 2020, siswa perempuan menyumbang hampir 42% dari pendaftaran gelar doktor, dan jumlah wanita yang terdaftar untuk gelar master secara signifikan lebih tinggi daripada pria, seperti diperlihatkan data Statista.

"Pria menghadapi beban yang luar biasa karena wanita akan menuntut keamanan finansial dari mereka," dan pada gilirannya juga tidak ingin menikah, menurut Xie yang mengatakan bahwa "orang dulu dikritik karena lajang, tetapi kini tidak ada stigma sosial terhadapnya lagi."

Awen, seorang desainer freelance berusia 31 tahun dari Shenzhen mengatakan, dia senang menjadi jomblo hingga sekarang. Semua wanita yang berbagi pengalaman pribadi mereka untuk cerita ini hanya nyaman menyampaikan indentitas mereka sebatas nama depan saja.

"Menabung dan fokus pada karir adalah prioritas saya sekarang, saya sudah merasa sangat lelah setelah bekerja, saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan orang tua dengan anak-anak," ungkapnya.

Dia mengatakan, sebagian besar suami di China sering tidak memainkan peran penting dalam pengasuhan anak, dan beban jatuh sepenuhnya pada ibu.

"Banyak wanita tidak ingin menikah karena pekerjaan rumah tangga dan tugas mengasuh anak akan jatuh jadi tanggung jawab mereka," kata Awen.

"Jadi jika wanita merasa bahwa mereka perlu melakukan pekerjaan rumah tangga, mendapatkan uang, dan melakukan semuanya sendiri, mengapa tidak sendirian saja?"

"Orang tua saya ingin garis keturunan kami tetap hidup, jadi itu berarti memiliki banyak anak dan cucu," kata Awen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)