G7 Lewat! BRICS Diprediksi Pimpin Pangsa Pertumbuhan Ekonomi Global

Kamis, 20 April 2023 - 14:05 WIB
loading...
G7 Lewat! BRICS Diprediksi Pimpin Pangsa Pertumbuhan Ekonomi Global
Kontribusi dari negara-negara BRICS terhadap pertumbuhan ekonomi dunia diprediksi akan mengungguli G7 mulai tahun ini. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Anggota kelompok BRICS – Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan – diperkirakan akan melampaui G7 yang dipimpin AS dalam hal kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi dunia mulai tahun ini.

Mengutip laporan Bloomberg, berdasarkan perhitungan dari data IMF terbaru, negara-negara BRICS akan memberikan kontribusi 32,1% dari pertumbuhan dunia, dibandingkan dengan 29,9% dari G7.

Kelompok G7 yang terdiri dari AS, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang telah lama dianggap sebagai blok ekonomi paling maju di planet ini. Rusia adalah anggota, hingga 2014, ketika dikeluarkan karena dampak dari kudeta Maidan yang didukung Barat di Ukraina.



Laporan tersebut mengindikasikan bahwa pada tahun 2020, kontribusi dari negara-negara BRICS dan G7 terhadap pertumbuhan ekonomi global adalah sama. Sejak saat itu, kinerja blok yang dipimpin Barat menurun. Pada tahun 2028, kontribusi G7 terhadap perekonomian dunia diperkirakan akan menurun menjadi 27,8%, sedangkan BRICS akan mencapai 35%.

Perhitungan Bloomberg menunjukkan bahwa China akan menjadi kontributor utama pertumbuhan global selama lima tahun ke depan, dengan pangsanya ditetapkan dua kali lipat dari AS. Bagian China dari ekspansi PDB global diharapkan mewakili 22,6% dari total pertumbuhan dunia pada tahun 2028, tulis outlet itu. India diproyeksikan menyumbang 12,9% dari PDB global.

"Secara total, 75% pertumbuhan global diharapkan terkonsentrasi di 20 negara dan lebih dari setengahnya berada di empat besar: China, India, AS, dan india. Sementara negara-negara Kelompok Tujuh akan terdiri dari bagian yang lebih kecil, Jerman, Jepang, Inggris, dan Prancis terlihat di antara 10 kontributor teratas," tulis outlet tersebut seperti dilansir RT.com, Rabu (19/4/2023).



Sebuah studi baru-baru ini oleh firma riset makroekonomi yang berbasis di Inggris juga menemukan bahwa kesenjangan antara kedua kelompok dalam bobot ekonomi global diperkirakan akan terus tumbuh. Para analis mencatat bahwa China dan India telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat, dan lebih banyak negara tertarik untuk bergabung dengan BRICS.

Awal tahun ini, Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa lebih dari selusin negara telah menyatakan minat untuk bergabung dengan BRICS, termasuk Aljazair, Argentina, Bahrain, Bangladesh, Indonesia, Iran, Mesir, Meksiko, Nigeria, Pakistan, Sudan, Suriah, Turkiye, Uni Emirat Arab, dan Venezuela. Arab Saudi, Mesir, dan Bangladesh telah memperoleh ekuitas di Bank Pembangunan Baru, organisasi pendanaan BRICS.

Tahun lalu, negara-negara BRICS mengusulkan pembuatan mata uang mereka sendiri untuk menjauh dari dolar AS dan euro dalam transaksi timbal balik.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2777 seconds (0.1#10.140)