Cerdik! Impor Minyak Rusia 10 Kali Lipat Lebih Banyak, India Hemat Rp72,5 Triliun

Jum'at, 12 Mei 2023 - 21:15 WIB
loading...
A A A
"Kami berharap asupan minyak mentah Rusia tetap terbatas pada dua negara ini (India dan China), mempertahankan diskon yang besar," kata Vandana Hari, dari perusahaan analisis energi Vanda Insights kepada BBC.

Penyulingan minyak India akan terus memaksimalkan margin keuntungan mereka selama mungkin, tetapi hanya akan "kembali ke pola makan minyak mentah biasa" jika sanksi dicabut, tambahnya.

Gara-gara minyak Rusia itu juga, pangsa pasar Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Dunia (OPEC) di India menjadi berantakan. Pangsa pasar OPEC di India menyusut ke rekor terendah di tengah banjir impor minyak Rusia dengan harga murah.

Bagian OPEC turun menjadi 46% pada bulan April, jauh lebih rendah dari 72% tahun sebelumnya, menurut data Vortexa yang dikutip oleh Economic Times.

Saat ini Rusia menyumbang 36% dari pasokan impor India, atau sekitar 1,67 juta barel per hari. Sebelum perang Rusia Ukraina pecah, jumlahnya kurang dari 1%.



"Sementara itu OPEC memasok 2,1 juta barel per hari ke India bulan lalu dari total 4,6 juta barel per hari yang diambil negara itu," terang data Vortexa seperti dilansir Business Insider.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)