20 Negara Terkaya di Daratan Eropa, Nomor 1 Erat dengan Mantan Presiden RI

Senin, 22 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Rumania adalah negara berpenghasilan tinggi yang mengalami periode ekspansi ekonomi yang cepat di awal 2000-an, dan hari ini ekonominya terutama berbasis layanan. Selain itu, Rumania juga dikenal sebagai produsen dan pengekspor mesin dan energi listrik. Pada tahun 2021, total kekayaan negara itu mencapai USD640 miliar.

18. Ukraina

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD679 miliar

Terletak di Eropa Timur, Ukraina adalah negara berdaulat dengan ibu kota dan kota terbesarnya, Kyiv. Sistem pemerintahannya adalah kesatuan dengan struktur semi-presidensial.

Tanah subur yang luas di negara itu memungkinkannya menjadi salah satu pengekspor biji-bijian global terbesar sebelum perang. Ukraina memainkan peran penting dalam mendirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan juga anggota dari beberapa organisasi internasional lainnya, termasuk Dewan Eropa, Organisasi Perdagangan Dunia, dan OSCE.

Total kekayaan Ukraina pada tahun 2021 mencapai USD679 miliar, menjadikannya salah satu negara terkaya di Eropa.

17. Ceko

Total Kekayaan 2021: USD701 miliar

Ceko atau Republik Ceko adalah negara yang terkurung daratan yang terletak di Eropa Tengah, dan kota terbesar yang menjadi ibu kotanya adalah Praha. Mereka adalah negara maju dengan sistem pemerintahan republik parlementer, ekonomi pasar sosial berpenghasilan tinggi yang maju, dan negara kesejahteraan sosial berdasarkan model Eropa.

Warganya memiliki akses ke perawatan kesehatan hingga pendidikan sampai universitas secara gratis. Republik Ceko adalah anggota aktif dari berbagai organisasi internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, Uni Eropa, OECD, OSCE, Dewan Eropa, dan Grup Visegrád.

Pada tahun 2021, total kekayaan Ceko mencapai USD701 miliar, yang menempatkannya di urutan ke-17 dalam daftar 20 negara terkaya di Eropa.

16. Finlandia

Total Kekayaan pada 2021: USD817 miliar

Republik Finlandia sebuah negara Nordik yang terletak di Eropa Utara, memiliki kota terbesar dan ibu kotanya yakni Helsinki. Mereka menjadi anggota Uni Eropa pada tahun 1995 dan mengadopsi mata uang zona euro ketika dibuat pada tahun 1999.

Selain itu mereka sedang bersiap untuk bergabung dengan NATO pada tahun 2023. Finlandia secara konsisten mencetak kinerja mengesankan melihat indikator utama nasional seperti pendidikan, daya saing ekonomi, kebebasan sipil, kualitas hidup, dan pembangunan manusia. Pada tahun 2021, total kekayaan Finlandia mencapai USD817 miliar.

15. Yunani

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD914 miliar

Republik Hellenic atau yang lebih dikenal sebagai Yunani, terletak di Eropa Tenggara, dengan Athena berfungsi sebagai ibu kota dan kota terbesar diikuti oleh Thessaloniki dan Patras. Yunani beroperasi sebagai republik parlementer kesatuan, di mana ia memegang posisi penting sebagai investor regional.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2050 seconds (0.1#10.140)