20 Negara Terkaya di Daratan Eropa, Nomor 1 Erat dengan Mantan Presiden RI

Senin, 22 Mei 2023 - 16:20 WIB
loading...
A A A
Austria adalah negara yang terkurung daratan di Eropa Tengah, yang dikenal secara resmi sebagai Republik Austria. Negara ini terdiri dari sembilan negara bagian, dengan Wina menjadi ibu kota dan negara bagian terpadat.

Austria berjalan dengan sistem demokrasi perwakilan parlementer, dengan presiden sebagai kepala negara dan kanselir sebagai kepala pemerintahan dan kepala eksekutif. Negara ini telah menjadi anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1955 dan bergabung dengan Uni Eropa pada tahun 1995.

Austria menjadi tuan rumah bagi organisasi seperti OSCE dan OPEC, dan merupakan salah satu anggota pendiri OECD dan Interpol. Mereka juga salah satu negara terkaya di Eropa, dengan total kekayaan pada tahun 2021 sebesar USD1.825 triliun.

Austria adalah rumah bagi beberapa perusahaan terbesar di Eropa, seperti Novo Nordisk A/S (NYSE:NVO), ASML Holding N.V. (NASDAQ:ASML), dan Novartis AG (NYSE:NVS).

10. Denmark

Total Kekayaan pada tahun 2021: USD1.935 triliun

Denmark merupakan sebuah negara Nordik di Eropa Utara yang memiliki ibu kota dan kota terbesarnya yakni Kopenhagen. Pada akhir abad ke-19, Denmark muncul sebagai negara industri dengan fokus pada ekspor produk pertanian.

Lalu pada awal abad ke-20, negara ini menerapkan reformasi sosial dan pasar tenaga kerja yang signifikan, yang meletakkan dasar bagi model negara kesejahteraan saat ini. Denmark adalah negara maju dengan standar hidup tinggi.

Denmark menyandang status anggota pendiri dalam organisasi seperti NATO, Dewan Nordik, OECD, OSCE, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Selain itu, Denmark adalah bagian dari Wilayah Schengen, mempertahankan hubungan politik, budaya, dan bahasa yang erat dengan negara-negara Skandinavia yang berdekatan.

Pada tahun 2021, total kekayaan Denmark mencapai USD1.935 triliun, menjadikannya salah satu negara Eropa terkaya.

9. Swedia

Total Kekayaan tahun 2021: USD2.990 triliun

Swedia, yang dikenal secara resmi sebagai Kerajaan Swedia, adalah negara Nordik yang terletak di Semenanjung Skandinavia di Eropa Utara. Negara ini menawarkan pemandangan indah yang didominasi oleh hutan yang luas dan banyak danau, beberapa di antaranya termasuk yang terbesar di Eropa.

Swedia sangat berkembang dengan sistem monarki konstitusional dan demokrasi parlementer. Otoritas legislatif dipegang oleh Riksdag, majelis unikameral yang terdiri dari 349 anggota.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)