5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya

Senin, 29 Mei 2023 - 19:44 WIB
loading...
5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya
Beberapa mata uang ternyata mempunyai kemiripan nama, yang bila ditelusuri terungkap ada keterkaitan sejarah. Berikut daftar 5 negara yang nama mata uangnya mirip. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Beberapa mata uang ternyata mempunyai kemiripan nama, yang bila ditelusuri terungkap ada keterkaitan sejarah. Seperti halnya uang Indonesia yakni rupiah yang namanya mirip dengan mata uang India , rupee.



Nama rupiah sendiri dalam sejarahnya diambil dari bahasa sansekerta, rupya yang berarti perak yang dibentuk dan ditempa atau wrought silver. Indonesia sendiri sebelumnya dikuasai oleh kerajaan Hindu-Budha, dimana dalam transaksi perdagangan kerap menggunakan koin emas dan perak.



Jadi, nama rupiah berasal dari kata India yaitu rupiya yang berarti perak. Sementara itu, sejak mulai merdeka, Indonesia beberapa kali menerbitkan berbagai jenis uang. Selain India, ada juga beberapa negara yang mata uang mereka ternyata punya kemiripan nama.

Berikut daftar 5 negara yang nama mata uangnya mirip:

1. Rupee (INR) India

Mata uang negara India yang bernama rupee kerap disingkat dengan kode INR. Berasal dari bahasa sansekerta, rupiya pertama kali diperkenalkan pada abad ke-16 dan terus berlanjut hingga masa kekaisaran Mughal di India. Koin perak pertama kali dikeluarkan oleh Sultan Sher Shah Suri pada abad ke-16.

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Dalam melafalkan nama rupee India dan rupiah di Indonesia juga tidak beda jauh. Seperti halnya rupiah, penampilan rupee mencakup berbagai tema warisan kekayaan budaya India.

Desain uang kertas rupee kerap diperbarui, termasuk perbedaan mencolok dari uang kertas Seri Mahatma Gandhi lama dengan uang kertas baru dengan nama yang sama. Faktor keamanan dan pemalsuan kerap menjadi sorotan, mengingat maraknya uang palsu yang beredar.

Akibatnya Reserve Bank of India (RBI) harus mengubah dan memperbarui uang kertas rupee dengan fitur keamanan baru selama bertahun-tahun. Biasanya, denominasi tinggi sering menjadi uang kertas yang paling banyak dipalsukan. Alhasil, pada tahun 2016, pemerintah India mengumumkan demonetisasi semua uang kertas 500 dan 1.000 dari Seri Mahatma Gandhi.

2. Rupiah (IDR) Indonesia

Dimulai setelah masa kemerdekaan, pada 2 Oktober 1945, pemerintah mengeluarkan Maklumat Pemerintah Republik Indonesia yang menetapkan bahwa uang NICA tidak berlaku di wilayah Republik Indonesia. Lalu pada 3 Oktober 1945, menetapkan bahwa Indonesia memiliki empat mata uang yang sah.

Pertama yakni De Javasche Bank, De Japansche Regeering, Dai Nippon emisi dan Dai Nippon Teikoku Seibu. Bersamaan dengan dikeluarkannya maklumat tersebut, pemerintah berencana menerbitkan Oeang Republik Indonesia (ORI).

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Kemudian ORI beredar mulai 30 Oktober 1946. Lalu dalam kondisi perang, jumlah uang beredar di wilayah Republik Indonesia sulit dihitung dengan tepat. Kesulitan melakukan pemisahan data juga terjadi dalam memperkirakan indikator-indikator perekonomian lainnya, seperti neraca perdagangan, posisi cadangan devisa dan keuangan negara.

ORI dan ORIDA kemudian ditarik oleh pemerintah Republik Indonesia Serikat (RIS) pada 1 Mei 1950. Namun hal ini tak berlangsung lama lantaran pemerintahan kembali menjadi NKRI sehingga uang RIS tidak berlaku lagi.

Selanjutnya seiring dengan kehadiran Bank Indonesia (BI) menggantikan De Javasche Bank serta bertindak sebagai bank sentral. Terdapat dua macam uang rupiah yang berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah Republik Indonesia, yaitu uang yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia (Kementerian Keuangan) dan yang diterbitkan oleh Bank Indonesia.

Pemerintah RI menerbitkan uang kertas dan logam pecahan di bawah Rp5, sedangkan Bank Indonesia menerbitkan uang kertas dalam pecahan Rp5 ke atas. Hingga kini mata uang rupiah memiliki beberapa pecahan dari yang terkecil 100 rupiah hingga 100 ribu.

3. Rupee (PKR) Pakistan

Rupee Pakistan yang disingkat PKR adalah mata uang nasional Pakistan. Rupee Pakistan terdiri dari 100 paise dan diwakili secara lokal dengan simbol Rp atau Rs. PKR sering disebut sebagai rupee, rupaya, atau rupaye. Kata “Rupee” berasal dari kata Sansekerta rup atau rupa yang berarti perak dalam banyak dialek Indo-Arya.

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Dilansir Investopedia, PKR diperkenalkan pada tahun 1947 setelah Pakistan memperoleh kemerdekaan dari Inggris dan otonomi dari India. Sebelumnya mereka menggunakan uang kertas Inggris yang kemudian hanya dicap Pakistan pada bagian atasnya sampai mereka mulai mencetak uang kertas mereka sendiri pada tahun berikutnya.

Ada sejumlah uang kertas yang beredar hari ini: Rs 10 (10 rupee), Rs 20, Rs 50, Rs 100, Rs 500, Rs 1.000, dan Rs 5.000. Selain itu, ada uang kertas Rs 5 peringatan 50 tahun. Ini memperingati 50 tahun kemerdekaan Pakistan.

4. Rupee (LKR) Sri Lanka

Selanjutnya ada SLR yang merupakan singkatan mata uang yang umum digunakan untuk rupee Sri Lanka, meskipun kode mata uang internasional untuk mata uang tersebut adalah LKR. Salah satu fitur uang kertas Sri Lanka yang unik dan langsung dapat dikenali adalah pencetakan vertikal di sisi sebaliknya.

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Nama mata uang Sri Lanka awalnya bukanlah Rupee. Hal ini terkait dengan kebijakan yang terjadi pada tahun 1925, dimana Poundsterling milik Inggris sempat menjadi mata uang resmi untuk Sri Lanka menggantikan RixDollar.

Pada tahun 1869, Ceylon (sebagaimana Sri Lanka disebut pada saat itu), menetapkan rupee sebagai alat pembayaran yang sah. INR menjadi satu-satunya alat pembayaran yang sah untuk pulau itu tiga tahun kemudian. Negara ini secara resmi memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1948 dan mendirikan Bank Sentral Ceylon dua tahun kemudian

5. Rufiyaa Maladewa (MVR)

Nama mata uang yang hampir mirip selanjutnya adalah Rufiyaa Maladewa (MVR) yang menjadi mata uang nasional Republik Maladewa. Rufiyaa terdiri dari 100 subunit, disebut laari, dan diwakili oleh simbol mata uang Rf. Nama rufiyaa berasal dari bahasa Hindi Sansekerta kata rupya, yang berarti "perak."

5 Negara Ini Punya Nama Mata Uang yang Mirip, Berikut Asal Usulnya


Rufiyaa modern diperkenalkan pada tahun 1947, ketika menggantikan rupee Sri Lanka. Setelah sempat sekian lama menggunakan koin emas sebagai alat pembayaran, maka baru pada tahun 1947 Maladewa mencetak uang kertas perdananya dengan nama Rufiyaa Maladewa (MVR).
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)