7 Tips Jitu agar UMKM Dilirik Investor ala Ansari Kadir

Sabtu, 17 Juni 2023 - 14:08 WIB
loading...
A A A
6. Memiliki Tim yang Solid dan Tangguh

Tips jitu agar UMKM dilirik investor ala Ansari Kadir selanjutnya yang biasanya menjadi pertimbangan penting bagi investor adalah, tim yang sesuai dengan bisnisnya. UMKM dilirik investor adalah mereka yang memiliki bisnis yang didukung dengan tim yang capable.

Menjadi founder bisnis, tidak harus mengatur dan mengerjakan segala sesuatunya sendiri. PElaku UMKM bisa berbagi tugas dan peran dengan orang-orang yang berkompeten di bidangnya, dan dikemas menjadi tim bisnis yang solid.

“Bisnis harus didukung oleh orang-orang yang mengerti, ada yang mengerti cara buat produknya, cara memasarkan, sales, dan bagaimana cara mengembangkan bisnisnya. Banyak orang yang sudah punya produk bagus tapi nggak berkembangan itu karena tim development-nya nggak jalan, misalnya karena tidak mengerti caranya menjalin kemitraan,” kata Arie.

Mendelegasikan dan mempercayakan sebagian tugas, dan kewenangan kepada anggota tim akan menjadikan beban founder dalam menjalankan bisnis menjadi lebih ringan.

7. Memiliki Lokasi Usaha yang Strategis

Tempat usaha yang strategis menjadi elemen yang perlu Anda perhatikan. Dalam pembuatan sebuah produk, biasanya pebisnis memiliki tempat atau lokasi usaha agar setiap aktivitas pekerjaan dapat dilakukan dengan lancar dan efektif.

Namun, perlu adanya strategi khusus untuk memilih lokasi yang benar-benar tepat dengan produk atau layanan. Hal ini karena letak tempat usaha serta kondisi wilayah yang strategis juga memiliki efek yang signifikan bagi perkembangan suatu bisnis. Semakin strategis tempat bisnis, maka akan semakin besar juga keuntungan yang akan didapatkan.

Lokasi yang strategis, kata Arie, juga dapat menciptakan physical evidence, seperti isu atau market size-nya, lingkungan yang mempengaruhi penjualan, siapa kompetitornya, hingga bagaimana memberikan problem solving dari setiap persoalan yang ada.

Itulah 7 tips jitu ala Ansari Kadir agar UMKM dilirik investor dan naik kelas. Tidak sekedar memberi tips, lelaki humble yang digadang-gadang akan menjadi Wakil Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia ini juga sedang mencari 300 mitra UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)