Menebar Solusi di Tengah Pandemi Bersama Baznas dan FTI Jayabaya

Sabtu, 25 Juli 2020 - 19:21 WIB
loading...
Menebar Solusi di Tengah Pandemi Bersama Baznas dan FTI Jayabaya
Menghadirkan solusi di tengah pandemi Covid-19, Baznas Depok melibatkan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Jaya Baya. Foto/Dok
A A A
DEPOK - Menghadirkan solusi di tengah pandemi Covid-19, Baznas Depok melibatkan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Jayabaya. Komitmen sinergi terbangun dan terjalin dengan sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Baznas Kota Depok, salah satunua penguatan berupa peningkatan kapasitas, pengetahuan dan ketrampilan mustahik Baznas Kota Depok.

“FTI Jayabaya telah bekerjasama dengan BAZNAS Kota Depok, antara lain kegiatan pelatihan pembuatan sabun, pelatihan digital marketing bagi mustahik program pendayagunaan. Selain itu juga melibatkan BAZNAS Kota Depok dalam kegiatan disinfeksi area Gedung Universitas Jayabaya di Cimanggis," ujar Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Depok, Dr. Rida Hesti Ratnasari, S.P, M.Si di Depok.

(Baca Juga: Raih Predikat Wajar, Baznas Siap Perkuat Standar Operasional )

Sinergi ini bermula dari pertemuan sharing session di Kantor Kecamatan Cimanggis pada akhir tahun 2019. Dimana BAZNAS Kota Depok menggagas sinergi multi pihak dalam optimalisasi manfaat dan potensi zakat perusahaan maupun institusi perguruan tinggi, serta pihak swasta penyedia layanan publik di Kecamatan Cimanggis.

Sri Wiji yang hadir pada sharing session BAZNAS Kota Depok menambahkan, “Kerja sama akan terus ditingkatkan, untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat”.

Sementara Ketua BAZNAS Kota Depok, KH Encep, MA mengucapkan terima kasih kepada FTI Jayabaya yang telah memberikan peningkatan kapasitas bagi amil pelaksana dan relawan BAZNAS Kota Depok. Sambung dia menerangkan, FTI Jayabaya memberikan pelatihan pembuatan hand sanitizer standar WHO, face shield dan automatic hand sanitizer dispenser.

"Hal itu untuk mendukung aksi BAZNAS Kota Depok pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru Covid-19. Pelatihan ini semacam ToT, diikuti oleh 20 orang amil dan relawan BAZNAS Kota Depok yang nantinya akan melatih mustahik binaan BAZNAS Kota Depok," sambung KH Encep.

Narasumber dalam pelatihan ini antara lain Dr. Yeti Widyawati, S.T, M.Si, Lukman Nul Hakim, S.T, M.Eng, Fogot Endro Wibowo, S.T, M., Reza Diharja, S.Si. M.T, Dra. Sri Wiji Lestari, M.Pd dan lainnya, diwakili oleh Lukman Nul Hakim, S.T, M.Eng dan Reza Diharja, S.Si. M.T. Dalam acara ini diserahkan juga 100 botol hand sanitizer masing-masing 500 ml, 100 buah face shield dan 100 unit automatic hand sanitizer dispenser yang merupakan produk hasil pelatihan.

Produk ini selain dimanfaatkan bagi mustahik di Kantor BAZNAS Kota Depok, juga dibagikan ke sejumlah masjid dan pondok pesantren oleh BAZNAS Kota Depok sebagai penerima manfaat program hasil kerja sama BAZNAS Kota Depok dengan FTI Jayabaya.

“Semoga bermanfaat bagi pencegahan penyebaran Covid-19 sekaligus menjadi solusi alternatif peningkatan pendapatan mustahik dengan memproduksi sarana pendukung new normal, adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemic Covid-19 ini” kata Lukman Nulhakim, S.T, M.Eng, salah satu narasumber pelatihan dari FTI Jayabaya.

Reza Diharja, S.Si, M.T, yang juga menjadi narasumber pelatihan, menambahkan, Kerja sama FTI Jayabaya dengan BAZNAS Kota Depok diharapkan terus berkelanjutan dan meningkat kebermanfaatannya”

Kegiatan bersama berikutnya adalah pemotongan hewan kurban di Kampus Jayabaya. Rencana akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 1 Agustus 2020. Penyembelihan oleh Tim Sembelih Kurban BAZNAS Kota Depok akan dipimpin langsung oleh Ketua BAZNAS Kota Depok, KH Encep, MA, seperti disampaikan Rida Hesti Ratnasari, Wakil Ketua IV BAZNAS Kota Depok.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3175 seconds (0.1#10.140)