Terungkap Fakta-fakta Ekonomi India Bakal Salip AS di 2075

Jum'at, 14 Juli 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A
Tak hanya karena pertumbuhan populasi, sejumlah faktor lain juga turut mendukung perkembangan ekonomi India. Di antaranya seperti kemajuan negara dalam aspek teknologi, produktivitas pekerja yang meningkat, hingga investasi modal yang lebih tinggi.

Santanu Sengupta selaku ekonom India dari Goldman Sachs Research menyebut bahwa kunci untuk menarik potensi dari populasi India yang sangat banyak adalah dengan meningkatkan partisipasi angkatan kerjanya. Dalam hal ini, dia memprediksi India nantinya akan memiliki salah satu rasio ketergantungan terendah di antara ekonomi besar dunia selama 20 tahun ke depan.

Untuk diketahui, rasio ketergantungan suatu negara bisa diukur melalui jumlah tanggungan terhadap total penduduk usia kerja. Adapun rasio ketergantungan rendah menunjukan lebih banyak orang dewasa usia kerja yang bisa menghidupi kaum muda dan lansia.

3. Tembus Nomor Dua Dunia

Berdasarkan sejumlah faktor pendorong yang sebelumnya dijelaskan, India diperkirakan bisa menembus posisi dua dunia pada sektor ekonominya di 2075 mendatang. Lima teratas dari Biggest Five tahun 2075 diisi oleh China di urutan pertama, India kedua, serta Amerika Serikat di posisi ketiga. Sementara sisanya bisa diisi oleh negara Eropa hingga Jepang.

Itulah sejumlah fakta terkait ekonomi India yang diperkirakan bisa menyalip Amerika Serikat di tahun 2075 mendatang.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)