Jabat Tangan Warga hingga 200 Meter, Ganjar Dorong Produksi Kopi Desa Muncar Tembus Pasar Dunia

Kamis, 27 Juli 2023 - 19:55 WIB
loading...
A A A
Oleh sebab itu, Ganjar meminta petani dan pelaku usaha produk kopi di Temanggung, khususnya di Desa Muncar bisa menangkap peluang tersebut dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi di Temanggung.

Ganjar berharap, apabila produk kopi tersebut dapat menembus pasar ekspor, taraf hidup para petani kopi di Temanggung akan naik, sehingga rantai kemiskinan bisa diputus.

Maka dari itu, lanjut Ganjar, Pemprov Jateng melalui dinas terkait secara berkala memberikan pelatihan dan pendampingan kepada para petani dan pelaku usaha produk kopi.

"Butuh dilatih, petani di- on farm mesti paham betul, disiplin betul sehingga nanti sampai off farm diolah, produk ini berkualitas dan mesti dijaga," jelas Ganjar.

Warga Desa Muncar juga tidak hanya memproduksi kopi dan biji kopi saja, tetapi juga produk gula aren yang menjadi satu paket penjualan dengan produk kopi.Hal itu akan memperkaya olahan hasil pertanian petani kopi yang diharapkan dapat terus dikembangkan, hingga menjangkau pasar internasional.

"Kami dorong packaging -nya sehingga potensi pasar sampai ke Eropa tinggi sekali. Pendampingan, pelatihan dan kontrol itu kemudian menjadi penting. Syukur-syukur semua produk ini bisa organik murni, itu harganya pasti sangat mahal," tandasnya.

Sementara itu, seorang anggota Karang Taruna Desa Muncar, Dian mengaku termotivasi setelah mendapat suntikan semangat dari Gubernur. "Iya, senang sekali Pak Ganjar bisa datang ke sini. Ini menjadikan kami semakin semangat untuk maju," ujarnya.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)