Kebijakan DHE Dijamin Win-Win Solution, Menteri ESDM Minta Pengusaha Ikut Bantu

Jum'at, 28 Juli 2023 - 15:36 WIB
loading...
Kebijakan DHE Dijamin Win-Win Solution, Menteri ESDM Minta Pengusaha Ikut Bantu
Menteri ESDM, Arifin Tasrif memastikan, kebijakan baru pemerintah soal kewajiban eksportir untuk menyimpan Devisa Hasil Ekspor (DHE) akan ada solusi yang menguntungkan baik untuk pemerintah maupun pengusaha. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memastikan, kebijakan baru pemerintah soal kewajiban eksportir untuk menyimpan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di sistem keuangan dalam negeri minimal 3 bulan tidak akan mengganggu perusahaan.

"Engga lah, kan ada mekanismenya," ujar Menteri Arifin ketika ditemui di kantornya, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (28/7/2023).



Arifin juga memastikan, bahwa nantinya akan ada solusi yang menguntungkan baik untuk pemerintah maupun pengusaha pertambangan. "Pasti (ada win-win solution). Kita juga tidak akan tidak memberikan apa-apa. Tapi kita minta pengusaha juga membantu kita, memahami," jelasnya.



Dikatakannya, selama ini pengusaha menyimpan DHE di luar negeri. Namun pada saat harga komoditas mengalami kenaikan, maka Indonesia tidak menerima keuntungan dari DHE tersebut.

"Coba lihat dengan booming harga-harga komoditas minerba, tapi cadangan devisa kita tidak meningkat dan malah tidak nyangkut. Dengan tiga bulan ini akan memperkuat cadangan devisa kita, ini juga akan banyak memberikan dampak yang baik terhadap financial business," tuturnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah sudah menyiapkan skema agar para pengusaha bersedia menyimpan DHE dalam negeri. "Nah tentu saja ada skema yang disiapkan pemerintah, supaya mereka mau simpan di Indonesia, menciptakan yang kompetitif," tutupnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)