India Setop Ekspor Beras, Bulog Cari Alternatif Impor dari 3 Negara

Rabu, 02 Agustus 2023 - 21:06 WIB
loading...
India Setop Ekspor Beras, Bulog Cari Alternatif Impor dari 3 Negara
Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) memastikan saat ini CBP dalam kondisi aman. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perum Bulog menyasar tiga negara sebagai tujuan impor beras untuk pemenuhan cadangan beras pemerintah (CBP). Hal itu dilakukan menyusul, kebijakan India yang memutuskan menghentikan ekspor beras.



Meski demikian, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) memastikan saat ini CBP dalam kondisi aman. "Vietnam, Thailand, dengan ada kemungkinan nanti dari negara Pakistan yang masih belum menutup (ekspor) ya," kata Budi kepada awak media di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (2/8/2023).

Buwas menerangkan, dengan begitu, keputusan India menutup keran ekspor tidak berpengaruh pada stok beeas yang dikelola oleh Bulog. Ia menyebut CBP yang ada saat ini mencapai 1,3 juta ton.



Bulog juga terus melakukan penyerapan beras di dalam negeri dan ditargetkan CBP bisa mencapai 2,4 juta ton setelah digabung dengan kuota impor. Ditargetkan oleh Bulog, bahwa target pengadaan beras melalui importasi paling lambat 4 Desember 2023 sudah terealisasi secara keseluruhan.

"Paling terakhir 4 Desember. Paling terakhir, hanya harus pakai kapal dipindahkan. Sudah selesai tahap pertama. Ini mungkin tahap ke empat," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4087 seconds (0.1#10.140)