10 Negara dengan Utang Paling Sedikit di Dunia, Nomor 9 Sedang Perang

Jum'at, 11 Agustus 2023 - 19:23 WIB
loading...
A A A
Kuwait memiliki sektor publik yang besar dengan negara kesejahteraan yang besar. Pengeluaran untuk gaji, transfer, dan subsidi sangat besar, itulah sebabnya mengapa pembangunan dan pengeluaran proyek tetap dibatasi.

Negara ini memiliki sekitar 6% cadangan minyak dunia yang menyumbang lebih dari setengah PDB-nya. Permintaan eksternal yang lambat pada tahun 2023, ditambah dengan pemangkasan produksi minyak, berarti pertumbuhan akan lebih lambat. Oleh karena itu, PDB diperkirakan akan meningkat 2,6%.

4. Afghanistan

Rasio utang terhadap PDB: 7,4

Utang Afghanistan terhadap PDB terlihat rendah, meskipun negara ini memiliki risiko tinggi terhadap masalah utang luar negeri. Negara ini tidak hanya menghadapi situasi keamanan yang rapuh tetapi juga kekurangan pendapatan domestik, situasi politik yang tidak menentu, dan depresiasi nilai tukar yang cepat.
Keberlanjutan utang negara ini sebagian besar bergantung pada aliran masuk hibah donor yang terus menerus untuk menutupi defisit fiskal dan eksternal yang cukup besar.

5. Turkmenistan

Rasio utang terhadap PDB: 8

Turkmenistan terletak di posisi strategis antara China, Rusia, dan Eropa. Negara ini memiliki cadangan gas alam terbesar keempat di dunia. Negara ini memiliki rekening publik yang sehat dan tingkat utang yang rendah secara keseluruhan.

Tahun 2023 diperkirakan akan menjadi periode pertumbuhan bagi negara ini. Namun, negara ini sangat bergantung pada hidrokarbon, menyumbang 60% ekspor pada tahun 2021.

6. Azerbaijan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1146 seconds (0.1#10.140)