Siapkan Rp182 Triliun, Adani Bakal Permak Kawasan Kumuh Terbesar di Asia

Senin, 28 Agustus 2023 - 13:03 WIB
loading...
A A A
Ancaman baru terhadap rencana Adani adalah tantangan hukum dari penawar saingannya, SecLink Technologies Corporation. Konsorsium yang berbasis di Dubai, yang menyatakan didukung oleh keluarga kerajaan Bahrain, menuduh Pemerintah Maharashtra secara tidak patut membatalkan tender awal tahun 2018. Saat itu SecLink mengajukan penawaran tertinggi, dan memulai kembali proses dengan persyaratan baru pada tahun 2022 sehingga Adani bisa menang.

Pemerintah negara bagian saat ini, yang diperintah oleh Partai Bharatiya Janata (BJP) pimpinan Modi dan sekutunya, menentang kasus ini. Bulan lalu, pengadilan Mumbai mengizinkan SecLink untuk menambahkan Adani ke dalam gugatannya, sehingga memaksa konglomerat tersebut untuk mempertahankan posisinya di hadapan hakim.

Dalam pengajuan setebal 809 halaman bulan lalu yang menantang Adani dan negara bagian, yang dilaporkan oleh Reuters untuk pertama kalinya, konsorsium beranggotakan delapan orang mengatakan proses penawaran Maharashtra yang dimodifikasi “bermotif politik” dan “dibuat khusus untuk memenuhi” Grup Adani.

Perubahan tersebut, menurut SecLink, termasuk menggandakan kekayaan bersih yang dibutuhkan penawar menjadi USD2,4 miliar dan membatasi anggota konsorsium menjadi dua, bukan delapan sebelumnya.

Adani, dalam pengajuan non-publiknya kepada hakim sebelum sidang tanggal 31 Agustus, membantah tuduhan SecLink dan berpendapat bahwa kasus tersebut harus dibatalkan demi kepentingan pembangunan.

Maharashtra mengatakan dalam pengajuannya bahwa klaim SecLink "tidak berdasar" dan bahwa para pejabat telah mengikuti "proses yang tepat" dalam membatalkan tender sebelumnya. Pihaknya mengatakan telah memulai kembali proses tersebut karena menambah sebidang tanah lagi ke proyek tersebut setelah tender tahun 2018 ditutup.

[arabOpen][arabClose]

Modi dan Adani ditenggarai memiliki kedekatan. Keduanya berasal dari negara bagian Gujarat Penentang dan pengkritik mereka sering menuduh kebangkitan pesat kerajaan bisnis Adani disebabkan oleh kedekatannya dengan, dan perlakuan baik dari, pemerintahan yang dijalankan oleh BJP pimpinan Modi dan sekutu-sekutunya.

(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)