Apa Faktor dan Dampak dari Melemahnya Rupiah? Ini Jawabannya

Rabu, 06 September 2023 - 10:46 WIB
loading...
A A A

3. Utang Luar Negeri


Seperti yang diketahui jika utang luar negeri tentu akan berakibat pada melemahnya nilai tukar rupiah. Pasalnya, utang luar negeri itu akan dikonversikan dengan mata uang lain yang nilainya lebih tinggi.

Dampak dari Melemahnya Rupiah


1. Barang Impor Menjadi Mahal


Dampak yang sangat terasa jika rupiah melemah adalah harga produk impor yang semakin mahal. Naiknya harga dari barang impor ini akan membuat masyarakat beralih ke produk lokal yang harganya lebih terjangkau.



Jika sebagian besar masyarakat memilih barang lokal, maka barang impor akan semakin surut jumlahnya. Situasi ini menjadikan importir buah mengalami penurunan omzet.

2. Suku Bunga Naik dan Berisiko bagi Pertumbuhan Kredit


Melemahnya rupiah juga berdampak pada naiknya suku bunga pinjaman di bank. Langkah ini diambil secara paksa untuk menstabilkan nilai tukar rupiah. Akibatnya, masyarakat kemudian enggan untuk mengambil kredit sebab bunganya tergolong sangat tinggi.

Selain itu, bukan menjadi tidak mungkin apabila tingginya kredit bermasalah (Non-Performing Loan/NPL) sebagai akibat dari kenaikan suku bunga.

3. Mengancam Obligasi dan Surat Utang Negara (SUN)


Melemahnya rupiah juga ternyata bisa menyasar ke perdagangan obligasi dan Surat Utang Negara (SUN). Dengan mengacu pada pelemahan tersebut, investor bisa menjual obligasi dan SUN yang sudah mereka beli.

Apabila situasi ini terjadi, Bank Indonesia akan mengambil tindakan dengan membeli obligasi dan SUN yang dijual ke investor asing. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan pasar uang.

Itulah ulasan tentang penyebab dan dampak dari melemahnya nilai tukar rupiah. Semoga bermanfaat.
(okt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2477 seconds (0.1#10.140)