Kilas Balik Sejarah Dolar AS Menjadi Mata Uang Internasional

Senin, 25 September 2023 - 07:10 WIB
loading...
A A A
Kebanyakan orang akan percaya bahwa kondisi ini menjadikan dolar sebagai mata uang terkuat di dunia. Terlepas dari posisinya di pasar global dan seberapa bergantung mereka kepadanya, dolar menduduki peringkat ke-10 mata uang terkuat, menurut CMC Markets.

Situs ini menempatkan dinar Kuwait sebagai mata uang terkuat, sementara pound Inggris dan euro masing-masing memperoleh tempat kelima dan kedelapan.

Kapan tepatnya dolar AS menjadi mata uang cadangan resmi dunia yakni pada tahun 1944. Dimana leputusan itu dibuat oleh delegasi dari 44 negara Sekutu yang disebut Perjanjian Bretton Woods.

Lantas apakah adakah mata uang negara lain yang bisa menjadi mata uang cadangan dunia berikutnya? Ada serangkaian alternatif yang bisa menggantikan dolar sebagai mata uang cadangan global berikutnya.

Euro adalah cadangan yang paling banyak digunakan setelah dolar dan dapat menggantikan dolar jika kondisi ekonomi menguntungkannya. Tetapi Uni Eropa (UE) tidak memiliki unit Treasury pusat, sehingga membuat ini menjadi sulit. Renminbi China bisa melampaui dolar, dimana beberapa pemimpin negara sempat menyuarakan hal itu.

Status dolar AS sebagai cadangan dunia, sebagian besar didasarkan pada ukuran dan kekuatan ekonomi AS dan dominasi pasar keuangan AS. Meskipun pengeluaran defisit besar, triliunan dolar dalam utang, dan pencetakan dolar AS yang tak terkendali, sekuritas Treasury AS tetap menjadi cara teraman untuk menyimpan uang.

Kepercayaan dan keyakinan dunia bahwa Amerika Serikat memiliki kemampuan untuk membayar utangnya, menjaga dolar sebagai mata uang yang paling dapat ditebus untuk memfasilitasi perdagangan dunia.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)