Luhut: Launching Whoosh Akan Dilakukan Jokowi Bersama Xi Jinping

Kamis, 28 September 2023 - 20:45 WIB
loading...
Luhut: Launching Whoosh Akan Dilakukan Jokowi Bersama Xi Jinping
Menko Luhut ungkap tanggal peluncuran kereta cepat. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Presiden Joko Widodo akan meresmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) pada 2 Oktober 2023 mendatang. Nantinya Presiden akan membawa para pimpinan lembaga tinggi negara untuk mencoba proyek anyar tersebut.



"Tanggal 2 mungkin Presiden akan melakukan soft launching dengan membawa para pimpinan lembaga tinggi negara untuk mencoba," ujar Luhut ketika ditemui di acara ulang tahunnya ke-76 di Sopo Del Tower, Jakarta, Kamis (28/9/2023).

Luhut juga menambahkan, nantinya pemerintah akan memberikan diskon secara bertahap terkait karcis moda transportasi yang dinamakan Whoosh tersebut.

"Tapi nanti ada waktunya kembali normal, karena Presiden memerintahkan kita mengintegrasikan sistem transportasi sehingga nanti akan ada satu karcis naik ke semua jurusan. Launchingnya akan dilakukan bersama Presiden Xi Jinping pada waktunya," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, usai diresmikan oleh Presiden Jokowi, Whoosh bisa langsung digunakan oleh masyarakat.

"Iya (diresmikan) sama Pak Presiden, langsung berbayar. Insya Allah tanggal 2," urai Budi.

Terkait harga, Budi menyebutkan akan langsung diumumkan oleh Kepala Negara. Ia hanya menyebutkan tarif itu akan sekitar Rp250 hingga Rp300 ribu dan akan berbeda masing-masing kelas.



"Karena sebenarnya, kalau kereta cepat itu kan komersial. Kewenangan korporasi untuk menetapkan harga. Jadi kalau ada harga berapa? Tentunya mereka melihat commercial price dengan daya beli. Dua ini yang menjadi satu hal yang dijadikan pertimbangan," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)