Edward Tirtanata Ingin Bawa Kopi Kenangan Kepakkan Sayap Menjadi Brand Global

Senin, 02 Oktober 2023 - 16:46 WIB
loading...
A A A
Rencana ekspansi di Singapura dan Malaysia seperti apa?

Di Malaysia sejak kami membuka gerai pertama kali di sana Oktober 2022, saat ini sudah ada 20 gerai Kopi Kenangan. Targetnya hingga akhir tahun nanti akan ada sekitar 40-an gerai. Semuanya on store bukan franchise. Di Singapura untuk awal kami membuka gerai di Raffles City Tower dan Terminal 2 Bandara Changi. Sampai akhir tahun nanti akan ada 4 gerai Kopi kenanagan di Singapura.

Setelah Malaysia dan Singapura, ada rencana ekspansi lagi?

Kami berencana dapat ekspansi ke 1-2 negara setiap tahun. Setelah Singapura kami belum tau mau kemana. Ada beberapa negara yang msih kami jajaki, masih kami study. Seperti Vietnam, Filipina dan India. Sekali lagi ini masih dalam tahap study. Mungkin tahun depan kami sudah punya gambaran akan ekspansi ke Negara mana.

Soal selera dan cita rasa menu kopi antara konsumen di Indonesia dan di luar Indonesia, ada perbedaan?

Ada. Di Indonesia lebih senang manis dan cita rasa kopi tidak terlalu kuat. Sebaliknya di Malaysia lebih suka tidak terlalu manis tapi cita rasa kopi yang lebih kuat. Bergeser ke Singapura, konsumen di sini tidak suka manis, lebih lower sweet dibandingkan konsumen Malaysia dan lebih menyukai cita rasa kopi yang sangat kuat.

Ada menu kopi yang favorit?

Ini yang menarik, jenis kopi Kenanagan Mantan masih jadi penyumbang terbesar omset (50%). Baik di Indonesia maupun di Malaysia dan diharapkan juga begitu di Singapura. Di Singapura Kopi Kenangan Mantan, namanya diganti menjadi Kenangan Latte. Kopi ini menyajikan kopi asli Indonesia dengan gula aren hitam. Jadi rasanya sangat khas kopi Indonesia.

Bagaimana dengan perkembangan bisnis Kopi Kenangan di Indonesia?

Saat ini di Indonesia Kopi Kenangan sudah mencapai 924 gerai dan tersebar di 67 kota. Targetnya akan terus memperluas pasar hingga mencapai 200 kota. Kopi Kenangan juga menyediakan kopi yang dikemas dalam botol.
Di Indonesia saat ini produk tersebut baru di jual di store store ternama. Targetnya Kopi Kenangan botolan itu akan di jual di 100 ribu outlet. Jadi nanti, dijual hingga ke warung-warung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)