Ukraina Bakal Kantongi Rp3.111 Triliun Saat Resmi Gabung Uni Eropa

Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:59 WIB
loading...
Ukraina Bakal Kantongi Rp3.111 Triliun Saat Resmi Gabung Uni Eropa
Ukraina bisa menerima miliaran euro dalam bentuk subsidi setelah bergabung dengan blok Uni Eropa (UE). Dana sebesar USD200 miliar atau setara Rp3.111 triliun itu bakal diterima Ukraina. Foto/Dok
A A A
BRUSSELS - Ukraina bisa menerima miliaran euro dalam bentuk subsidi setelah bergabung dengan blok Uni Eropa (UE) . Dana sebesar USD200 miliar atau setara Rp3.111 triliun (Kurs Rp15.556 per USD) itu bakal diterima Ukraina sebagai bagian dari subsidi keanggotaan.



Hal ini dilaporkan Financial Times, mengutip sebuah studi internal oleh sekretariat Dewan Uni Eropa. Menurut laporan tersebut, Kiev akan berhak menerima dana mencapai USD101 miliar dari Kebijakan Pertanian Bersama Uni Eropa.

Ukraina juga akan memenuhi syarat untuk USD64 miliar dalam bentuk subsidi dari dana kohesi Uni Eropa, yang didedikasikan untuk meningkatkan infrastruktur di negara-negara anggota yang lebih miskin. Secara total, blok Eropa kemungkinan bakal mengalokasikan sekitar USD195 miliar untuk Ukraina dalam tujuh tahun setelah masuk sebagai anggota.



Laporan itu juga memberikan cacatan bahwa kucuran dana tadi, bakal mempengaruhi subsidi pertanian UE. Pasalnya menurut perhitungan, Ukraina memiliki 41,1 juta hektare area pertanian yang dimanfaatkan, dan akan menjadi penerima subsidi terbesar blok tersebut.

Kondisi ini akan memaksa pemotongan pembayaran untuk penerima yang ada, yakni sekitar 20,3% per 1 hektar lahan pertanian. Para ahli mengatakan, perubahan itu mungkin harga yang terlalu tinggi untuk mengakui Ukraina sebagai anggota, kecuali penyesuaian dilakukan pada anggaran Uni Eropa.

"Angka-angka ini tidak akan berhasil untuk siapa pun. Mereka menjelaskan bahwa reformasi akar dan cabang anggaran Uni Eropa dan kebijakan utamanya akan diperlukan jika Ukraina ingin bergabung. Atau seluruh pertanyaan Ukraina harus ditangani secara inovatif dan di luar struktur anggaran Uni Eropa yang ada," ucap Direktur Pelaksana untuk Eropa di Eurasia Group, Mujtaba Rahman.

Dewan Uni Eropa mendasarkan studinya, apabila blok secara bersamaan menerima 9 anggota tambahan yakni: Ukraina, Moldova, Georgia, dan enam negara Balkan barat. Menurut analisis, bila hal itu terjadi, maka tambahan anggaran UE berjumlah sekitar USD269 miliar.

Studi ini juga memperingatkan bahwa masuknya anggota baru bisa menyebabkan redistribusi dana yang drastis di dalam serikat pekerja. Misalnya, Republik Ceko, Estonia, Lithuania, Slovenia, Siprus, dan Malta tidak lagi memenuhi syarat untuk pendanaan kohesi.

"Semua negara anggota harus membayar lebih dan menerima lebih sedikit dari anggaran UE. Banyak negara anggota yang saat ini menjadi penerima bersih akan menjadi kontributor bersih," kata dokumen itu.

Ditambah juga bahwa "sementara untuk beberapa kebijakan, peluang mungkin lebih besar daripada biaya/risiko," pembesaran akan membawa "tantangan yang sangat signifikan" untuk anggaran UE, yang perlu ditangani sesegera mungkin.

Menurut laporan, Uni Eropa siap memulai negosiasi keanggotaan dengan Ukraina, yang dapat diumumkan pada akhir tahun 2023. Kepala Dewan Eropa, Charles Michel sebelumnya menyatakan bahwa Ukraina dapat menjadi anggota blok tersebut pada tahun 2030.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)