7 Fakta Dolar Amerika Serikat, Mata Uang Internasional di Beberapa Negara

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 14:44 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar transaksi internasional dilakukan dalam dolar seperti perdagangan minyak, logam mulia, dan komoditas lainnya. Hal ini menjadikan dolar sebagai mata uang cadangan utama bagi banyak negara.

4. Wajah Presiden George Washington


Wajah Presiden George Washington muncul di uang kertas satu dolar Amerika Serikat. Ini membuat dia menjadi satu-satunya presiden yang secara konsisten muncul di uang kertas selama lebih dari satu abad sejak cetakan pertama uang kertas nasional pada tahun 1862.

5. Dampak Terhadap Ekonomi Global


Dolar Amerika Serikat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi global. Fluktuasi nilai dolar dapat memengaruhi ekspor dan impor negara-negara lain, harga komoditas, dan stabilitas ekonomi global secara keseluruhan.



Kebijakan moneter dan kebijakan ekonomi Amerika Serikat juga dapat memiliki dampak besar pada perekonomian global.

6. Peringkat ke-10 Mata Uang Terkuat di Bumi


Meski banyak pihak percaya dolar AS adalah mata uang terkuat di dunia, namun mata uang dolar AS hanya menduduki posisi ke-10 menurut CMC Market.

CMC Market menyebutkan bahwa dinar Kuwait adalah mata uang terkuat di dunia dengan poundsterling Inggris dan euro menempati posisi ke-5 dan ke-8.

7. Kejayaan Dolar Sejak 1944


Perjanjian Bretton Woods pada tahun 1944 memulai posisi dominan dolar AS saat ini dengan mematok nilai tukar negara-negara maju kepada dolar AS, menggantikan emas sebagai cadangan negara. Amerika Serikat, pemegang cadangan emas terbesar saat itu, menjadi dasar perjanjian ini.

Negara-negara mulai menyimpan dolar AS dalam bentuk obligasi pemerintah Amerika Serikat sebagai pengganti penyimpanan emas karena perjanjian ini.

Demikian ulasan mengenai 7 fakta dolar Amerika Serikat. Semoga informasi ini bermanfaat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)