Kolaborasi Posko Pangan, Civil Society Antisipasi Kenaikan Harga Sembako

Selasa, 10 Oktober 2023 - 22:24 WIB
loading...
Kolaborasi Posko Pangan, Civil Society Antisipasi Kenaikan Harga Sembako
Kolaborasi antara Kadin Indonesia bersama Sahara mendirikan posko pangan serentak mengantisipasi kenaikan harga pangan yang terus melonjak. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Upaya memaksimalkan pemenuhan kebutuhan bahan pokok di tengah masyarakat, kolaborasi antara Kamar Dagang dan Industri ( Kadin ) Indonesia bersama Sahabat Usaha Rakyat (Sahara) terus dimaksimalkan.

Untuk ketiga kalinya, posko pangan diresmikan dan digulirkan sebagai semangat membangun sinergi lapisan masyarakat di seluruh Indonesia dalam mewujudkan pasokan, kebutuhan hingga stabilitas harga pangan secara kelompok wilayah masyarakat.



Bertempat di wilayah Bidaracina, Jatinegara, Jakarta Timur, Founder posko pangan Sahara Sharmila Yahya, mengajak semua lapisan masyarakat untuk terlibat langsung dalam upaya gerakan civil society turut mengantisipasi kenaikan harga pangan.

Sharmila optimis dengan gerakan posko pangan dari wilayah per wilayah, stabilitas harga pangan yang terjangkau dapat terwujud.

“Memastikan setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan bahan pangan yang cukup dan terjangkau. Sekaligus memperluas jangkauan inklusi ekonomi lokal kita," ujar Sharmila yang juga Ketua Umum Induk Koperasi Pengusaha Wanita Indonesia atau Inkowapi, Selasa (10/10/2023).

Di sisi lain, hadirnya warung-warung yang bertransformasi menjadi posko pangan yang hadir dalam setiap wilayah, dapat membantu masyarakat dalam mengakses harga bahan pangan yang terjangkau.

Ketua Umum KADIN Indonesia Arsjad Rasjid menuturkan hadirnya posko pangan yang didukung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian ini, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan pemenuhan bahan pokok dengan harga yang tidak memberatkan beban ekonomi masyarakat.

"Secara mandiri dapat mewujudkan supply chain bahan pangan dalam negeri, di tengah semua kebutuhan pangan dunia sangat terganggu oleh gejolak global," tutur Arsjad.

Ekonomi kerakyatan berdasarkan spirit perekonomian usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di tingkat lapisan masyarakat, juga disampaikan Direktur Utama ID Food Frans Marganda Tambunan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0968 seconds (0.1#10.140)