Sri Mulyani Banjir Pujian dari Presiden Bank Dunia

Selasa, 25 Juli 2017 - 10:57 WIB
Sri Mulyani Banjir Pujian dari Presiden Bank Dunia
Sri Mulyani Banjir Pujian dari Presiden Bank Dunia
A A A
JAKARTA - Presiden Bank Dunia (World Bank Group) Jim Yong Kim hari ini berkunjung ke Indonesia untuk menghadiri acara Indonesia Infrastructure Finance Forum, yang merupakan rangkaian agenda "Voyage to Indonesia" serta merupakan program persiapan pelaksanaan Annual Meeting IMF dan World Bank pada 2018 mendatang. Dalam acara tersebut, Kim sempat mengungkapkan kekaguman dan pujiannya terhadap sosok Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati.

Wanita yang akrab disapa Ani itu memang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada 2012. Menurut Kim, sosok Ani merupakan salah satu Direktur Pelaksana yang paling terhormat dalam sejarah Bank Dunia.

"Bu Ani, Anda merupakan salah satu direktur pelaksana yang paling terhormt dalam sejarah bank dunia. Dia adalah direktur pelaksana ketika saya menjadi presiden Bank Dunia 2012 Juli," katanya di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Dia menilai, mantan Menkeu era Presiden SBY tersebut sebagai sosok pejabat Bank Dunia yang efektif dan jelas dalam berkomunikasi dengan semua kalangan. Karena itu, Kim pun tak segan memberikan tanggung jawab yang besar kepada Sri Mulyani.

"Saya berikan tanggung jawab kepada beliau segala hal di sektor publik, dan dia bertanggung jawab terhadap miliaran dolar. Sekitar USD40 miliar. Beliau adalah pejabat yang memulai reformasi di Bank Dunia," imbuh dia.

Menurutnya, Indonesia sangat beruntung memiliki Menteri Keuangan seperti Sri Mulyani. Apalagi, Ani juga telah memiliki banyak pengalaman saat menjabat di Bank Dunia untuk kemudian diterapkan di Indonesia.

"Beliau sudah lihat banyak hal di Bank dunia, praktik yang baik dan kurang baik di dunia, dan bagaimana negara berusaha meningkatkan martabatnya dalam hal pembangunan," tuturnya.

Salah satu perubahan yang dibawa mantan Menko bidang Perekonomian ini di Bank Dunia adalah memastikan jika ada inovasi di negara manapun, itu akan jadi teladan untuk seluruh negara yang lain. "Beliau bukan saja sumber daya bagi Indonesia, tapi beliau juga merupakan sumber insipirasi bagi semua pihak yang punya pengetahuan," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3642 seconds (0.1#10.140)